Rabu, Juli 06, 2022

Wujudkan Keinginanmu yang tertunda dengan Home Credit

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Wujudkan Keinginanmu yang tertunda dengan Home Credit".

Setiap orang pasti punya keinginan, namun tidak setiap orang mampu memenuhi keinginan itu. sobat pasti pernah menginginkan suatu barang, tapi karena terkendala dengan biaya, keinginan itu hanya ada dalam angan tanpa dimiliki dalam kenyataan.

Jika keinginan sobat baru sebatas angan, saat ini sobat sudah berada di tempat yang tepat. Karena saya akan memberi kabar gembira bagaimana mewujudkan keinginan agar menjadi kenyataan.

Home credit… Ya home credit, sobat bisa mewujudkan berbagai keinginan yang tertunda. Seperti mengganti hp yang sudah rusak, mengganti laptop yang telah usang, membeli beragam furniture untuk mengisi rumah, semua itu bisa dibantu oleh Home Credit.

Berbelanja mudah dengan Home Credit Pay

Kapan Home Credit Berdiri?

Asalnya Home Credit berdiri di Republik Ceko pada tahun 1997. Selanjutnya, Home Credit memperluas jangkauan bisnisnya ke negara-negara lainnya. Hingga tahun ini, Home Credit sudah beroperasi di  8 negara, antara lain Republik Ceko, Slovakia, Kazakhstan, Cina, India, Filipina, Vietnam, dan tentu saja Indonesia.

Lalu kapan Home Credit lahir di Indonesia?

Di Indonesia, Home Credit mulai beroperasi di area Jakarta pada tahun 2013. Hingga saat ini, bisnis Home Credit berkembang di Bandung, Makassar, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Malang, Denpasar, Pekanbaru, Medan, Batam, Palembang, Banjarmasin, Pontianak, Manado, dan Balikpapan.


Berdasarkan data per April 2022, perusahaan ini telah melayani 5,5  juta pelanggan secara online maupun offline. Saat ini, Home Credit bekerja sama dengan berbagai e-commerce, seperti Blibli, Bukalapak, dan Tokopedia.

Bagaimana cara mengajukan pembiayaan di Home Credit

Melihat dari situs resminya, cara mengajukan pembiayaan di home credit cara dan langkahnya adalah sebagai berikut

Setelah semua persyaratan terpenuhi, kamu dapat mengunjungi toko mitra pembiayaan Home Credit untuk mengajukan aplikasi pembiayaan. Kamu dapat melihat simulasi pembiayaan pada Aplikasi My Home Credit dengan mengikuti langkah berikut


  1. Download dan buka Aplikasi My Home Credit Indonesia
  2. Masuk ke menu Beranda
  3. Pilih barang yang kamu mau
  4. Pilih Simulasi cicilan
  5. Masukkan nominal harga barang
  6. Pilih tenor atau lama pembiayaan
  7. Pilih besaran uang muka yang akan dibayarkan
  8. Pilih perlindungan tambahan yang kamu kehendaki
  9. Sistem  Home Credit akan memberikan simulasi harga cicilan perbulan kamu
  10. Perlu dicatat bahwa hasil dari aplikasi My Home Credit merupakan simulasi pembiayaan umum yang dapat berubah sesuai dengan mitra penyedia barang dan promosi yang berlaku


Untuk mengajukan pembiayaan, kamu bisa mengunjungi toko mitra Home Credit  ikuti langkah berikut ini :

  1. Persiapkan kelengkapan dokumen yang dibutuhkan
  2. Kunjungi toko yang bekerjasama dengan Home Credit
  3. Kamu akan dibantu oleh Sales Agent / Penjaga Toko Mitra dalam mengisikan aplikasi pembiayaan
  4. Sales Agent / Penjaga Toko Mitra akan membantu mengisikan aplikasi pembiayaan berdasarkan promo yang berlaku. Kamu dapat menanyakan kepada Sales Agent mengenai promo yang tersedia
  5. Untuk pengajuan di Toko Mitra Home Credit Indonesia, waktu persetujuan kontrak pembiayaan kamu adalah 3 menit
  6. Sales Agent / Penjaga Toko Mitra akan membantu proses tanda tangan kontrak
  7. Pembayaran DP sesuai dengan kesepakan pada kontrak pembiayaan kamu
  8. Proses serah terima barang dilakukan di toko, kecuali jika barang yang kamu mau membutuhkan pengiriman ke alamat tempat tinggal kamu (contoh : pembelian furnitur, kulkas atau barang lain yang membutuhkan pengiriman)
  9. Proses pengajuan aplikasi pembiayaan tidak dikenakan biaya tambahan diluar kontrak pembiayaan. Mohon laporkan kepada Home Credit  jika kamu diminta menambahkan biaya diluar ketentuan yang ada pada kontrak kamu, atau mendapatkan pelayanan yang kurang maksimal dari Sales Agent  Home Credit saat pembuatan aplikasi kontrak.


Gunakan Home Credit Pay Untuk melakukan Pembayaran Qris

Selain melayani pembiayaan barang, kita juga bisa menggunakan home credit Pay langsung menggunakan aplikasi My Home Credit. Caranya sangat mudah sekali dan bisa digunakan di seluruh toko yang sudah mendukung pembiayaan QRIS. Bahkan bisa digunakan untuk belanja indomart dan alfamart loh. 

Berbelanja mudah dengan Home Credit Pay

Hal ini saya rasakan sendiri saat berkunjung ke Jakarta Fair kemaren. Saya membeli powerBank menggunakan Home Credit Pay seharga Rp. 220.000,-

  1. Pilih barang yang ingin kamu beli
  2. Minta Qris ke kasir untuk melakukan pembayaran. Qris yang didukung Gopay, Ovo, Shopee pay, Dana, BCA, LinkAja dan QRIS GPN
  3. Scan QRIS dengan aplikasi home credit
  4. Selanjutnya tinggal lakukan pembayaran seperti biasa sampai pembayaran sukses.


Selain berbelanja di Jakarta fair. Saya juga sudah mencoba berbelanja di alfamidi menggunakan home credit pay ini. Caranya cukup sederhana. Cukup pilih barang. Ketika akan melakukan pembayaran, bilang pada kasih juka pembayarang menggunakan Qris. Lalu scan menggunakan qris home credit pay. Jadi kita tidak perlu mengeluarkan uang tunai saat berbelanja di alfamidi atau minimarket lainnya.


Selain di Jakarta Fair, terdapat juga berbagai promo menarik dari Home Credit yang sayang untuk dilewatkan yang informasinya bisa diakses lewat tautan berikut ini: https://www.homecredit.co.id/promo-dan-penawaran.

Mungkin sekian dulu artikel kali ini. Semoga bermanfaat.