Senin, Januari 17, 2022

Inilah Khasiat Dahsyat Dari Dzikir Zikir Hasbunallah Wanikmal Wakil

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Inilah Khasiat Dahsyat Dari Dzikir Zikir Hasbunallah Wanikmal Wakil".

Berdoa adalah salah satu cara seorang hamba berinteraksi dan mendekatkan diri terhadap Sang Penciptanya. Selain itu berdoa juga salah satu cara untuk memohon, meminta pertolongan hingga sebagai cara bersyukur kepada Sang Pencipta.

Salah satu anjuran amalan yang dilaksanakan secara rutin bagi umat muslim adalah melafalkan dzikir atau puja-puji kepada Allah SWT. Dari begitu banyak dzikir yang ada, terdapat sebuah kalimat dzikir yang acap kali diamalkan oleh para nabi dan ulama yaitu dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil.


Inilah Khasiat Dahsyat Dari Dzikir Zikir Hasbunallah Wanikmal Wakil
Source (pinterest/prayer)

Dzikir ini pernah dilafalkan oleh beberapa nabi saat mengalami kesulitan dan hanya Allah SWT yang dapat menolong saat itu, yaitu saat Nabi Muhammad SAW menghadapi kaum Quraisy dan Nabi Ibrahim saat dibakar oleh Raja Namrud.

Amalan Dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil ini juga terdapat dalam firman Allah SWT di Al-Quran surat Ali Imran ayat 173 yang menggambarkan kesulitan yang dialami muslimin saat berperang kaum Quraisy. 

“Allaziina qoola lahumun naasu innan naasa qad jama'uu lakum fakhshawhuin fazaadahum iimaanan wa wa qolu hasbunallah wa ni'mal wakiil”

"(Yaitu) orang-orang (yang menaati Allah dan Rasul) yang ketika ada orang-orang mengatakan kepadanya, 'Orang-orang (Quraisy) telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka,' ternyata (ucapan) itu menambah (kuat) iman mereka dan mereka menjawab, 'Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung." (QS. Ali Imran, ayat 173).

Berikut ini akan dibahas mengenai bacaan dan keutamaan dari dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil yang sumber artikel nya didapat dari Indozone.

Bacaan Dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil

Inilah Khasiat Dahsyat Dari Dzikir Zikir Hasbunallah Wanikmal Wakil Source (pinterest/Al Quran)

Makna dari arti Hasbunallah Wanikmal Wakil memiliki banyak penafsiran secara harfiah atau secara bahasa. Namun secara substansi garis besar para ulama sepakat bahwa dzikir ini memberi arti dan makna yang sama.

Dalam hakikatnya Hasbunallah mempunyai arti “Allah-lah yang mencukupi segala urusan”. Sedangkan makna Al Wakiil ialah “yang menjadi penanggung jawab atas masalah seorang hamba”.

Adapun bacaan Hasbunallah Wanikmal Wakil sebagai berikut :

“Hasbunallah wanikmal wakil”
Artinya: "Cukuplah Allah sebagai penolong kami."

Agar menjadi lebih baik, bacalah dzikir ini secara lengkap yang berbunyi :

“Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir"
Artinya: "Cukuplah Allah sebagai penolong kami, dan Allah adalah sebaik-baiknya pelindung."

Maka dari bacaan diatas, dapat diketahui bahwa makna dari Hasbunallah Wanikmal Wakil adalah bahwa umat manusia hendaknya hanya berserah diri meminta pertolongan dan perlindungan kepada Allah SWT.

Keutamaan Dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil

Inilah Khasiat Dahsyat Dari Dzikir Zikir Hasbunallah Wanikmal Wakil
Source (pinterest/Al Quran)

Bila ditelisik dari sejarahnya, arti dari dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil dilafalkan oleh para ulama dan nabi setiap waktunya, baik saat mereka ditimpa masalah, musibah ataupun fitnah.

Setiap bacaan dzikir selalu memiliki keutamaannya tersendiri, begitu pula dengan Hasbunallah Wanikmal Wakil. Ada beberapa manfaat yang masih belum diketahui oleh muslimin apabila mereka mengamalkan dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil secara rutin, diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Mendapatkan Pertolongan
Setiap insan manusia pasti memiliki problematika di dalam hidupnya. Maka dari itu salah satu cara agar dimudahkan dalam mendapat solusi disetiap masalah dengan berdoa kepada Allah SWT. Salah satu doa yang Dzikir yang mudah dikabulkan  ialah Hasbunallah Wanikmal Wakil.

Sesuai artinya, jika membaca dzikir ini Allah SWT akan senantiasa melindungi melindungi dan menolong para haba-Nya dari mara bahaya. Allah SWT juga menjamin bagi para umat-Nya yang membaca dzikir ini akan diberikan pertolongan agar segera dikeluarkan dari berbagai kesulitan.

2. Memperoleh Ketentraman Jiwa
Saat pikiran sedang kalut dan kacau, salah satu langkah yang dapat ditempuh sebagai umat muslim adalah dengan berdzikir. 

Umat muslim yang rutin mengamalkan dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil akan mendapatkan ketentraman jiwa. Hal ini dikarenakan saat berdzikir, hati dan pikiran akan senantiasa mengingat Allah SWT dengan segala kuasa-Nya dan hal ini yang akan mendatangkan ketenangan.

3. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT
Seperti yang diketahui, iman bagi umat muslim adalah sebuah kepercayaan dan keyakinan kepada Allah, kitab, Rasul, dan sebagainya. Dengan membaca dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil seorang hamba sedang mendekatkan diri kepada Allah SWT.
 
Berdzikir juga menjadi salah satu bentuk tawakal kita kepada Allah SWT, lantaran setelah melakukan berbagai usaha seorang hamba menyerahkan akan segala urusan, beban, dan setiap permasalahan yang ia alami kepada Allah SWT.

Demikianlah penjelasan mengenai Bacaan, Arti, dan Manfaat dari Dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil. Setelah membaca artikel ini semoga para pembaca dapat mengamalkan mendapatkan manfaatnya. Amin.