Jumat, Oktober 18, 2019

Penjualan Daihatsu Sirion Kalah dari Datsun Cross

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Penjualan Daihatsu Sirion Kalah dari Datsun Cross".

Daihatsu Sirion yang meluncur tahun 2018 lalu ternyata memiliki penjualan yang tidak begitu baik. Mobil yang termasuk kategori hatchback ini diakui memang memiliki penjualan yang tidak begitu bagus. Ditambah, penjualan Daihatsu Sirion masih kalah dibandingkan dengan saingannya, Datsun Cross.

Kabar tersebut disampaikan oleh Amelia Tjandra selaku Direktur Marketing PT ADM di Bandung, Jawa Barat,pekan lalu. Amel mengatakan bahwa penjualan Sirion ini berada di angka 110 unit perbulan rata-rata. 

“Sebulan penjualannya di atas 100-150an unit. Bulan lalu, 120an unit. Tahun ini rata-rata 110 unit,” kata Amel.

Penjualan Daihatsu Sirion Kalah dari Datsun Cross

Penjualan Daihatsu Sirion di Posisi Keempat

Berdasarkan data, penjualan Sirion berada diposisi keempat pada segmennya. “Nomor 1 itu Brio, Brio kenceng banget, jualannya, hebat. Daihatsu Sirion itu Year to Date (YTD) hingga September 2019 lalu, 1.093 unit. Naik 17% dibandingkan dengan tahun lalu. Pasar city car nasional ini turun 18%, kita tumbuh 17%. Kita  jualan terbanyak ke-4. Terbanyak itu Brio, Suzuki Ignis, Datsun Cross, lalu Sirion,” jelas Amel.

Namun, mobil perkotaan ini masih berada di angka penjualan yang masih sesuai target. Target penjualan dari Sirion ini perbulannya masih berada di atas 100 unit.

Daihatsu Sirion pun hadir masih dengan mesin dan fitur yang sama. Berbekal mesin 1NR-VE berkapasitas 1.300cc, 4 silinder, DOHC, Dual VVT-i, All New Sirion 2018 ini dinilai lebi hirit bahan bakar dibandingkan versi sebelumnya.

Untuk fitur pendukung lainnya, Daihatsu Sirion terbaru sudah dilengkapi dengan keyless system, start/stop button. Serta 2DIN Touch Screen Audio, serta kamera parkir.

Penjualan Daihatsu Sirion Kalah dari Datsun Cross

Daihatsu Sirion 2018 yang diimpor dari Perodua Malaysia ini juga tampil lebih stylish setelah mengalami pembaruan pada sisi eksteriornya. Siriondi Indonesia masih berstatus CBU (impor).

Sebagai informasi, hatchback yang ditargetkan untuk kawula muda ini diimpor langsung dari Malaysia. Di negara asalnya, Sirion mengusung nama Myvi. Daihatsu Sirion masuk ke Indonesia sejak 11 tahun silam. Setelah muncul di tahun 2007 lalu, hatchback berkapasitas lima penumpang ini mengalami perubahan total pada tahun 2011.

Sirion terbaru menawarkan dua varian yang berbeda, yaitu transmisi manual (M/T) dan transmisi otomatis (A/T). Ada lima pilihan warna yang bisa dipilih konsumen, diantaranya adalah Lava Red, Icy White, Mystical Purple, Glittering Silver, dan Peppermint Green.

Untuk harga, Daihatsu Sirion terbaru ini dibanderol seharga Rp187,1 juta (M/T) dan Rp198,1 juta (A/T). Jika dibandingkan dengan para kompetitornya seperti Mirage atau Etios, harga Daihatsu Sirion ini terbilang mahal.

Daftar Harga Daihatsu New Sirion 2019

  1. Daihatsu New Sirion MT Rp187,100,000
  2. Daihatsu New Sirion AT Rp198,100,000