Senin, Februari 25

Cara mudah setting page layout untuk susunan buku arab di word + video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara mudah setting page layout untuk susunan buku arab di word + video".

Tutorial microsoft word - tutorial89.com | Sebagai seorang muslim, kita pasti pernah membaca buku berbahasa arab. Entah itu buku doa-doa, kitab kuning atau paling tidak al Quran al karim.

Kalau kita perhatikan, tentu ada perbedaan yang sangat mencolok antara buku Bahasa arab (tulisan arab) dengan buku Bahasa Indonesia (tulisan latin). Diantaranya adalah awal tulisan itu dimulai. Jika buku tulisan latin dimulai dari kiri ke kanan, buku tulisan arab dimulai dari kanan ke kiri. Hal inilah yang menyebabkan perbedaan settingan susunan buku untuk Bahasa arab dan Bahasa latin.

Jika di pertemuan yang lalu kita pernah membahas bagaiaman cara mudah mengatur page layout untuk susunan buku berbahasa Indonesia, dikesempatan kali ini kita akan belajar mengatur page layout untuk susunan buku berbahasa arab. Hal ini bisa sobat gunakan ketika sobat ingin membuat buku tahlil, buku yasin, buku doa-doa atau buku lainnya. Tertarik? Mari langsung menuju TKP.

Cara mudah setting page layout untuk susunan buku arab di word + video

Cara setting page layout susunan buku Bahasa arab

Sebelum kita bahas terlalu jauh bagaimana mengatur page layout untuk susunan buku berbahasa arab, pastikan computer sobat sudah mendukung tulisan arab (keybord Arabic). Karena tanpa itu, kita akan kesulitan mengetik tulisan arab. 

Bagi sobat yang belum tahu bagaimana cara mengaktifkan keyboard Arabic dan mengetik tulisan arab di Microsoft word, silahkan mampir dulu ke tutorial kami yang terdahulu di cara mengetik tulisan arab di microsfot word. Jika keyboard Arabic sudah dimasukan saatnya kita ke inti pembahasan kita kali ini.

#Langkah pertama
Silahkan buka Microsoft word sobat kemudian buatlah lembar kerja baru. Jika sobat sudah memiliki file buku Bahasa arab juga tidak apa-apa. Cuma nantinya akan terjadi pergeseran halaman yang sudah diatur sebelumnya.

#Langkah kedua
Masuk ke menu page layout. Silahkan atur size nya menjadi A4 dan pada pengaturan orientation ganti menjadi landscape.

#Langkah ketiga
Masih di menu page layout. Silahkan pilih margin > costume margins. Pada kolom multiple page pilih book fold dan pada kolom section direction pilih right to left. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar.
Cara mudah setting page layout untuk susunan buku arab di word + video

Sampai di sini sobat sudah sukses mengatur layout untuk susunan buku Bahasa arab. Untuk selanjutnya silahkan masukan tulisan-tulisan yang diinginkan.

Tips tambahan

Ketika sobat ingin membuat buku, pastikan jumlah halamannya memiliki kelipatan 4 agar ketika di print halamannya pas. Mengapa harus kelipatan 4? Karena dalam 1 lembar kertas A4 nantinya kita akan mendapatkan 4 halaman A5.

Jika halaman akhir buku sobat kurang dari kelipatan 4, sobat bisa menambahkan halaman catatan untuk menggenapkan menjadi kelipatan 4.

Jika masih kurang jelas, silahkan luangkan waktu sejenak untuk melihat tutorial dalam bentuk video berikut ini. Di video itu saya akan memaparkan step by step dilengkapi dengan narasi. Seboga bermanfaat.