Sabtu, Januari 20, 2018

Cara mudah setting layout untuk susunan buku di word + Video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara mudah setting layout untuk susunan buku di word + Video".

tutorial89 | Hampir setiap orang pernah membaca sebuah buku, dari buku itulah kita bisa mengambil banyak ilmu. Kata orang bijak “buku adalah jendela dunia”. Tapi bukan itu yang akan saya bahas pada tutorial Microsoft word kali ini. Saya akan share cara mudah setting layout buku dengan menggunakan Microsoft word.

Iya… banyak orang yang belum tahu cara mudah dan praktis menyusun sebuah document di word agar bisa dijadikan sebuah buku bacaan layaknya buku yang sering kit abaca. Bahkan saya pernah menjumpai seorang guru kursus bahasa inggris yang tidak tahu bagaimana cara menysun sebuah buku agar bisa di print seperti sebuah buku.

Kebanyakan dari mereka lebih memilih mensetting manual dengan cara membuat dua kolom dan mengatur halaman pertama berada di sebelah kanan sedang halaman terakhir berada disebelah kiri pada page 1 begitu seterusnya sampai tersusun sebuah buku. Padahal ada cara yang lebih praktis dan tentunya lebih mudah dan rapi. Jika saja mereka tahu cara ini, tentu hasilnya akan lebih memuaskan ditambah lagi akan menghemat maktu karena tidak perlu menyusunnya secara manual.

Cara mudah setting layout untuk susunan buku di word

Bagi sobat yang hendak menyusun sebuah buku yang akan di print out, baik itu buat buku panduan pendidikan, buat tugas makalah dan lain sebagainya, saya anjurkan untuk menggunakan trik ini. dan inilah trik mudah setting layout agar bisa diprint seperti buku.

Cara mudah setting layout untuk susunan buku di word

1. Silahkan buka file buku yang akan di print seperti buku. Jika belum buat yah… silahkan dibuat dulu. Saya sarankan agar membaca tutorial saya tentang membuat makalah tersusun rapi di word.

2. Klik Page layout > margins > costume margins…
Cara mudah setting layout untuk susunan buku di word

3. Pada tab margins isi kolom multiple page dengan book fold. Sedangkan pada tab paper silahkan pilih ukuran kertas yang akan digunakan. Biasanya menggunakan ukuran kertas A4. Lalu klik Ok.
Cara mudah setting layout untuk susunan buku di word

4. Tahap selanjutnya, sobat tinggal klik Ctrl+P untuk mulai mengeprint seperti biasa. Dan lihat hasilnya, secara otomatis halaman akan menyesuaikan seperti susunan buku.

Dengan trik menyusun buku secara otomatis ini, pekerjaan sobat jadi lebih cepat dan lebih rapi tentunya. Semoga bermanfaat.

Tutorial video Cara Setting buku di word

Bagi Sobat yang masih kurang jelas dengan pemaparan dalam bentuk artikel, mungkin bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk melihat tutorial dalam bentuk video di bawah ini. Jangan lupa untuk SUBSRIBE chanel youtub kami, agar semakin banyak video tutorial yang disajikan di blog ini. Selamat menyaksikan dan memahami.

- INFO PENTNG -

Mohon bantuannya agar bersedia mensubscribe chanel youtube kami (klik icon youtube) sampai 1.000 subscribe untuk memenuhi kebijakan baru youtube. Semoga video-video tutorial yang kami sajikan bisa bermanfaat. Termiakasih