Sabtu, Februari 02, 2019

Cara mewarnai objek dengan live paint bucket di illustrator (AI) + video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara mewarnai objek dengan live paint bucket di illustrator (AI) + video".

Tutorial illustrator | dunia tanpa warna terasa hampa, begitupun desain tanpa warna terasa hambar. Agar tidak terlihat hambar dan memiliki nilai seni yang tinggi, dikesempatan kali ini kita akan belajar bagaimana cara mewarnai berbagai bentuk objek di adobe illustrator.

Ada banyak cara untuk mewarnai sebuah objek di adobe illustrator, salah satunya adalah dengan menggunakan tool live paint bucket. dengan tool ini kita bisa mewarnai objek biasa dengan sangat keren. Bahkan bisa mewarnai gabungan du objek dengan teknik ini. Ingin tahu caranya, mari kita mulai pelajaran kita kali ini.

Cara mewarnai objek di illustrator

#pertama
Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum mewarnai adalah pengaturan warna itu sendiri. Dalam adobe illustrator kita mengenal 2 pengaturan warna. Warna satu untuk mengatur warna isi atau fill, dan satunya lagi untuk mengatur warna luar atau stroke.
Cara mewarnai objek dengan live paint bucket di illustrator (AI) + video

#kedua
Pilih objek dengan menggunakan selection tool (V) kemudian sobat bisa pilih warna yang diinginkan. *ingat, warna disini ada dua fill dan strok, jadi pastikan sobat mau mewarnai bagian mana.
Cara mewarnai objek dengan live paint bucket di illustrator (AI) + video

Mewarnai gabungan objek dengan live paint bucket

#pertama
pilih semua objek yang ingin di beri warna dengan live paint bucket dengan menggunakan selection tool (V)*pastikan sobat memilih lebih dari satu gambar objek
Cara mewarnai objek dengan live paint bucket di illustrator (AI) + video

#kedua
Aktifkan live paint bucket (K). kemudian pilih warna yang diinginkan. Selanjutnya tinggal di klik pada area yang diinginkan.
Cara mewarnai objek dengan live paint bucket di illustrator (AI) + video

Itullah cara mudah mewarnai gambar objek dengan menggunakan live paint bucket tool. Sebegitu mudahnya mewarnai objek atau gambar di illustrator. Akan tetapi ada kasus, dimana kita tidak bisa mewarnai kumpulan objek dengan menggunakan live paint bucket. Bagaimana cara mengatasinya? Masi kita lanjutkan pelajaran kita.

Cara mengatasi tidak bisa menggunakan live paint bucket

Perlu kita ketahui, ketika kita menggunakan tools live paint bucket ini. Objek yang akan kita warnai akan otomatis terkumpul dalam satu group. Di sinilah letak masalah tidak bisa mewarnai objek dengan menggunakan live paint bucket.

Artinya ketika kita ingin mewarnai beberapa objek, ada guide line yang ikut tersleksi. Jadi cara mengatasinya adalah dengan meng hidden guide line itu. Karena guide line tidak bisa di warnai.

Itulah beberapa trik dasar mewarnai objek atau gambar di illustrator (AI). Untuk lebih jelasnya, silahkan luangkan beberapa waktu untuk melihat tutorial dalam bentuk video di bawah ini. Selamat menyaksikan dan belajar.