Kamis, Februari 07, 2019

cara mudah convert pdf image ke word agar bisa di edit + video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "cara mudah convert pdf image ke word agar bisa di edit + video".

Tutorial microsfot office tutorial89.com | cara convert atau merubah file pdf ke Microsoft word bukanlah sesuatu yang sulit. Karena hal itu bisa dilakukan dengan cara copy paste seperti biasa yang sering kita lakukan.

Akan tetapi ada beberapa kasus yang kita temukan, dimana kita tidak bisa mencopy tulisan yang ada di dalam file pdf itu. Sehingga kita sulit merubah ebook dengan format pdf itu ke dalam format Microsoft word (docx). Kalau hanya sekedar ingin mencetak ebook pdf itu menjadi sebuah buku sih gampang-gampang saja. Karena kita bisa melakukannya langsung dari format pdf itu seperti tutorial kita yang kemaren cara mencetak ebook pdf menjadi buku.

Akan tetapi jika kita ingin melakukan pengeditan dibeberapa kata atau kalimat, tentu kita membutuhkan penghapusan dan penambahan. Dan itu tidak bisa dilakukan jika file pdf itu tidak bisa di copy paste.

cara mudah convert pdf image ke word agar bisa di edit  + video

Selidik punya selidik, ternyata file pdf yang tidak bisa dicopy itu adalah file pdf image bukan pdf text yang bisa kita edit. Memang secara kasat mata, file pdf itu masih berbentuk tulisan. Akan tetapi ternyata itu sudah dirubah menjadi image oleh si empunya.

Tapi sekarang sobat tidak perlu lagi merasa bingung, karena saya akan mengupas tuntas bagaimana cara merubah file pdf image ini menjadi file Microsoft word yang bisa di edit. Ingin tahu caranya. Marik kita simak tutorial berikut ini.

Cara convert file pdf image ke word agar bisa di edit

Sebenarnya ada banyak cara mengconvert file pdf image ke word ini. Kita bisa melakukannya dengan cara online ataupun offline. Akan tetapi di tutorial kali ini, saya akan share cara convert file pdf image ke word dengan cara offline dengan bantuan aplikasi graits bernama free OCR. Sobat bisa mendonload aplikasi ini di situs resminya di sini download aplikasi free OCR convert PDF image to word

#pertama
Setelah aplikasi di download, silahkan langsug install seperti biasa. kemudian buka aplikasi Free OCR tersebut.

#kedua
Klik icon open pdf, kemudian cari file pdf yang akan sobat convert ke format Microsoft word. *membutuhkan beberapa maktu untuk mengimport file pdf ke aplikasi free ocr ini. Apalagi jika file pdf nya memiliki ukuran besar. Harap bersabar ini ujian.
cara mudah convert pdf image ke word agar bisa di edit  + video

#ketiga
Setelah file pdf masuk ke aplikasi Free OCR, silahkan klik OCR all page. Jika sobat ingin langsung merubah semuah halaman yang ada. Tapi jika hanya ingin merubah halaman tertentu, silahkan klik ocr current page. *ditahap ini juga membutuhkan waktu untuk memproses ya. Siapkan snack dan soup buah agar tidak bosan.
cara mudah convert pdf image ke word agar bisa di edit  + video

#keempat
Setelah semuanya berubah menjadi text, silahkan copy paste seperti biasa ke aplikasi microsfot word. dalam beberapa kasus kita perlu mengedit bagian kata dan kalimat hasil convert ini. Jadi hal ini harus dilakukan secara manual ya.

Saat praktek ini dilakukan, Free ocr belum mendukung tulisan arab. Sehingga tulisan arab hanya terbaca sebagai teks yang kaga jelas bentuknya. Nah, bagian ini sobat harus belajar mengetik arab. Jika masih kesulitan atau malah belum tahu cara mengetik arab di word, silahkan sobat baca tutorialnya di sini cara mengetik tulisan arab di word

Nah itulah cara mudah convert file pdf image atau gambar menjadi file mincrosoft word yang bisa di edit. Jika masih kurang jelas, silahkan luangkan waktunya sejenak untuk melihat tutorial dalam bentuk video berikut ini.