Jumat, Maret 9

Perbedaan Penggunaan Some dan Any Beserta Contohnya

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Perbedaan Penggunaan Some dan Any Beserta Contohnya".

Belajar bahasa inggris | Halo, kembali lagi ya, kita akan belajar mengenai materi selanjutnya yaitu tentang perbedaan some dan any. Sebelumnya, mari ulas sedikit tentang penggunaan few dan little.

Few dan little memiliki arti “sedikit” dan penggunaannya berbeda.  Little digunakan untuk uncountable noun sedangkan few digunakan untuk countable noun. Untuk lebih lanjut bisa dibaca kembali artikelnya di perbedaan penggunaan few dan little. Setelah faham, yuk simak materi selanjutnya!

Penggunaan kata “some” dan “any”

Sama seperti few dan little, some dan any juga merupakan kata sifat yang digunakan untuk mengungkapkan jumlah suatu benda. Bedanya, some dan any memiliki arti “beberapa”. Beberapa bisa berarti sedikit, sejumlah kecil, maupun memang hanya beberapa saja. Penggunaannya juga berbeda. Namun jangan khawatir ya, simak beberapa contoh dalam artikel kali ini dan Anda pun akan lebih mudah dalam membedakannya.

Perbedaan Penggunaan Some dan Any Beserta Contohnya
Gambar ilustrasi

Contoh Penggunaan “Some” dan “Any” dalam Kalimat

1. Penggunaan Some
Perbedaan some dan any bisa dipelajari dengan lebih mudah dengan melihat contoh. Seperti yang telah dibicarakan di atas, some dan any memiliki arti beberapa, sejumlah, atau sedikit. Some digunakan untuk countable dan uncountable noun, namun di dalam sebuah kalimat positif. Selain itu, Anda yang menggunakan some juga pasti mengharapkan jawaban yang positif atau iya dari lawan bicara.

Contoh:
I have some apples for you.
Aku memiliki beberapa apel untukmu
Some students go to library
Beberapa siswa pergi ke perpustakaan
Some of them like my idea.
Beberapa dari mereka menyukai ideku
I need some money to buy this book
Saya membutuhkan beberapa uang untuk membeli buku ini
Would you give me some water please!
Maukah kamu memberiku sedikit air!

Sebagian dari contoh di atas menunjukkan some diikuti dengan countable noun dan sebagiannya lagi diikuti dengan uncountable noun

2. Penggunaan any
Seperti some, any juga memiliki arti sedikit. Namun any digunaan dalam kalimat negatif dan kalimat tanya. Bisa dikatakan any tidak digunakan dalam kalimat positif.

Contoh:
I do not have any questions about this lesson
Saya tidak mempunyai pertanyaan tentang pelajaran ini
There is not any water in my bottle
Tidak ada air didalam botolku
Is there any time for me?
Adakah waktu untukku?

Mudah bukan belajar melalui contoh? Sekian penjelasan mengenai perbedaan some dan any dalam sebuah kalimat. Jadi, mulai sekarang gunakan some dan any dengan lebih tepat ya.
INFO PENULIS
Penulis
Ika Pratiwi
Facebook
https://fb.com/ikapra31
Publised at