Jumat, Maret 16

Penggunaan Conjunction beserta contoh kalimatnya

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Penggunaan Conjunction beserta contoh kalimatnya".

Belajar bahasa inggris | Sudahkah Anda paham tentang penggunaan some dan any pada materi sebelumnya? Some dan any bisa digunakan dengan lebih mudah jika Anda melihat contoh dengan lebih banyak lagi. Langsung saja, jika some dan any sudah tidak ada masalah, mari lanjutkan tentang cara menggunakan kata sambung atau conjunction dalam Bahasa Inggris.

Konjungsi atau kata sambung seringkali digunakan dalam sebuah kalimat. Secara tidak langsung, Anda sudah pasti pernah menggunakannya. Penggunaan konjungsi dalam Bahasa Inggris memiliki ragam aturan. Penggunannya hampir sama dengan kata sambung dalam Bahasa Indonesia.

Penggunaan Conjunction beserta contoh kalimatnya

Penggunaan Conjunction

Bagaimana cara menggunakan conjunction dan apa saja macamnya? Ada dua macam jenis konjungsi yang penting untuk Anda pahami. Pertama disebut dengan subordinating conjuntion dan yang kedua disebut dengan coordinating conjunction.

Subordinating Conjunction

subordinating conjuntion Ini merupakan jenis kata sambung yang memiliki fungsi untuk menghubungkan induk kalimat dengan anak kalimat. Kata sambung atau konjungsi yang termasuk dalam kategori ini adalah : who, which, where, why, how, that, while, whether, before, although, though, since, so that, until as, after, as if, in order that, once, because of, unless, if, than, dan as long as. Cukup banyak kan? Lihat contoh berikut!

You need to smile in order that she likes you
Kamu perlu tersenyum agar dia menyukaimu
In order pada kalimat di atas menghubungkan antara induk kalimat  yaitu “You need to smile” dan anak kalimat “she likes you”

The girl who is standing under the tree is my sister.
Gadis yang berdiri dibawah pohon itu adalah saudariku

Coordinating Conjunction

coordinating conjunction Jenis konjungsi yang kedua ini digunakan untuk menggabungkan dua kata yang memiliki kedudukan yang sama dalam sebuah kalimat. Yang termasuk dalam coordinating conjuntion adalah and, but, or, however, nevertheless, therefore, for, yet, so, dan lain-lain. Contoh:

They are wonderful and smart
Mereka luar biasa dan cerdas
Wonderful dan smart memiliki kedudukan yang sama sebagai kata sifat dalam kalimat tersebut.

Do you want money or flower?
Apakah kamu ingin uang atau bunga?
Money dan flower juga memiliki kedudukan yang sama sebagai kata benda.

Jadi, beda bukan antara subordinating conjuntion dan coordinating conjunction? Sekian penjelasan mengenai conjuntion dalam Bahasa Inggris. Semoga menambah wawasan Anda.  
INFO PENULIS
Penulis
Ika Pratiwi
Facebook
https://fb.com/ikapra31
Publised at