Friday, December 29

Pengertian dan Penjelasan Quantifier Beserta Contohnya

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Pengertian dan Penjelasan Quantifier Beserta Contohnya".

Belajar bahasa inggris | Sebelumnya, kita sudah mempelajari mengenai nouns dan beragam jenisnya. Lanjut ke  materi berikutnya, kita akan mempelajari mengenai quantifiers.

Apa Itu Quantifiers

Pernahkah Anda mendengar tentang quantifiers ketika belajar bahasa Inggris? Quantifier pada hakikatnya merupakan salah satu jenis frasa yang dalam penggunaannya adalah untuk mengungkapkkan banyaknya suatu benda/ jumlah atau bisa dibilang dengan suatu kuantitas. Dalam bahasa Indonesia, kata-kata yang termasuk dalam kategori quantifier adalah sejumlah, sebesar, sebagian, semua, dan lain-lain.

Penggunaan Quantifiers dan Tujuannya

Dengan memperhatikan tentang pengertian dari quantifier di atas, maka dapat disimpulkan bahwa quantifier memiliki fungsi untuk menandakan jumlah dari suatu barang. Terdapat dua jenis jumlah kata benda yang menandakan jumlah barang yaitu untuk kata benda yang bisa dihitung dan kata benda yang tidak dapat dihitung.

Pengertian dan Penjelasan Quantifier Beserta Contohnya
Gambar ilustrasi

Oleh  karena itu, quantifier pun dibedakan menjadi 2 bagian. Pertama adalah quantifiers yang bertujuan untuk menandakan suatu benda yang bisa dihitung. Kedua adalah quantifier yang menandakan jumlah benda yang tidak dapat dihitung.

Di dalam bahasa Inggris, kata benda yang dapat dihitung disebut juga dengan countable noun. Contoh dari kata benda yang bisa dihitung seperti students, chairs, books, friends, fans, bubbles, dan lain-lain.
1. There are some students in the class. ( terdapat beberapa siswa di dalam kelas )
2. I have more books in my rack. ( saya memiliki buku yang lebih di rak saya )
3. There are many chairs in my class ( terdapat banyak kursi di kelas saya )

Some, more, dan many merupakan jenis-jenis dari quantifier yang bisa digunakan untuk menunjukkan jumlah benda yang dapat dihitung.

2. Uncountable Nouns (kata benda yang tidak dapat dihitung)
Kata benda yang tidak dapat dihitung menggunakan jenis quantifier yang berbeda. Jenis kata benda yang tidak dapat dihitung seperti sugar, wood, ice cream, money, dan lain-lain.
1. I just have a few sugar ( Saya hanya memiliki sedikit gula )
2. You can get a large amount of money if you work hard ( Anda bisa mendapatkan banyak uang jika bekerja dengan keras )

Mudah bukan? Itulah penggunaan quantifier dalam kalimat yang menggunakan countable noun dan uncountable nouns. Semoga menambah pengetahuan Anda.
INFO PENULIS
Penulis
Ika Pratiwi
Facebook
https://fb.com/ikapra31
Publised at