Jumat, Februari 23, 2018

Cara mengganti kata yang sama sekaligus di wrod + Video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara mengganti kata yang sama sekaligus di wrod + Video".

Tutorial microsoft office | Sepintas mungkin bukan sesuatu yang istimewa ketika sobat membaca judul “cara cepat mengganti kata dengan find and replace di Microsoft word”, tapi hali ini akan menjadi sangat membantu ketika sobat memiliki tulisan yang memiliki banyak “kata” yang salah yang perlu diganti secara cepat dan praktis.

Sebagai contoh, pada beberapa waktu yang lalu, saya mendapat kiriman artikel dari urbanindo yang akan di publishe di blog www.tutorial89.com ini. Setelah caya cek, ternyata ada dua kata ganti orang kedua yang digunakan dalam artikel tersebut yaitu, anda dan kamu. Setelah saya menyampaikan hal tersebut kepada pihak pengirim artikel, akhirnya diputuskan kata ganti yang dipakai adalah “anda”.

Tentu akan sangat merepotkan jika saya harus mengganti satu persatu kata “kamu” dengan kata “anda”. Karena kata “kamu” lumayan cukup banyak. Nah, dengan bantuan find and replace inilah pekerjaan saya sangat terbantu sekali. Teknik ini juga bisa sobat manfaatkan ketika seobat membuat scripsi atau makalah di Microsoft word. Jadi pekerjaan sobat juga akan lebih cepat. Yang pasti tidak aka nada yang tertinggal belum terganti oleh kata yang baru yang kita kehendaki.

Cara cepat mengganti kata dengan find and replace di Microsoft word

Jika sobat sudah faham maksud dan kegunaan tutorial Microsoft word kita kali ini, mari kita langsung menuju acara inti yaitu mengganti kata dengan find and replace di Microsoft word.

Cara cepat mengganti kata dengan find and replace di Microsoft word

1. Silahkan buka document atau file yang akan di perbaiki kata yang salah. Pastikan bukanya dengan Microsoft word yah J.

2. Block seluruh tulisan yang ada dengan cara klik Ctrl+A. jika sobat hanya ingin mengganti kata dalam paragraph tertentu, silahkan block paragraph yang ingin di ganti saja. Kemudian klik home > editing > Replace atau bisa langsung klik Ctrl+H
Cara cepat mengganti kata dengan find and replace di Microsoft word

3. Isi kolom find what dengan kata yang akan di ganti (kamu). Kolom replace with ganti dengan kata pengganti (anda). Kemudian klik replace all
Cara cepat mengganti kata dengan find and replace di Microsoft word

4. Nanti aka nada dua kali pop up. Langsung pilih ok aja. Untuk memastikan apakah sudah terganti semua apa belum, silahkan cek dengan klik Ctrl+F kemudian ketik kata tadi yang sudah diganti. Jika kata yang dicari tidak ada (no matches), berarti sobat sudah sukses.
Cara cepat mengganti kata dengan find and replace di Microsoft word

Selamat kini kata yang seharusnya sobat ganti satu persatu, bisa langsung diganti hanya dengan melakukan beberapa langkah. Tidak lebih dari satu menit, kata yang tidak diharapkan sudah langsung terganti oleh kata baru. Semoga bermanfaat.

Tutorial video mengganti kata sekaligus di word

Bagi Sobat yang masih kurang jelas dengan pemaparan dalam bentuk artikel, mungkin bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk melihat tutorial dalam bentuk video di bawah ini. Jangan lupa untuk SUBSRIBE chanel youtub kami, agar semakin banyak video tutorial yang disajikan di blog ini. Selamat menyaksikan dan memahami.