Rabu, September 05, 2018

Cara mudah dan praktis membuat blog gratis di blogger + Video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara mudah dan praktis membuat blog gratis di blogger + Video".

Cara mudah membuat blog gratis di blogger | Tahukah sobat, membuat blog itu sangat mudah sekali. Hanya membutuhkan beberapa menit blog pun sudah langsung muncul di internet. Jika sobat sedang mencari informasi bagaimana cara membuat blog gratis, sekarang sobat sudah berada di tempat yang tepat. Karena saya akan share tutorial cara membuat blog gratis dengan mengunakan blogger, salah satu perusahaan milik google. Sobat tahukan google, ituloh yang suka di panggil mbah google. Hehhe… 

Apa itu blog?

Sebelum kita membuat blog ada baiknya kita mengetahui apa itu blog. Kan kata orang tak kenal maka tak sayang, yuk kenalan dulu ama itu blog. Hehhe…

Menurut Wikipedia blog adalah singkatan dari web log yang merupakan aplikasi web menyerupai tulisan-tulisan yang dimuat sebagai posting pada sebuah halaman web umum. Postingan ini sering kali dimuat dalam urutan terbalik, artinya posting terbaru berada di paling atas dan posting paling lama berada di posisi paling bawah. Jadi sifat blog ini dinamis atau selalu berubah.

Dan tahukah sobat, blog pertama dipopulerkan oleh blogger.com yang pada waktu itu dimiliki oleh Pyra Labs. Dan pada tahun 2012 blogger baru di akuisisi oleh google.com sampai saat ini deh… kira-kira google mau jual blogger.com gak yah….?

Nah setelah sobat mengetahui sedikit tentang apa itu blog, sekarang saatnya kita membuat blog dari blogger yang merupakan pencetus pertama blog yang banyak bertebaran sekarang ini. Tenang.... membuat blog di blogger ini gratis kok. Cuma modal internet doang kita sudah bisa membuat blog pribadi. Sebelum membuat blog, ada baiknya sobat juga membaca artikel kami tentang potensi blog untuk generasi muda masa kini. supaya memahami beberapa potensi yang bisa di gali dari blog khususnya untuk generasi muda.


Cara mudah membuat blog gratis di blogger

Cara membuat blog gratis di blogger.

Sebenarnya ada banyak sekali tempat membuat blog gratis yang bisa kita buat, akan tetapi saya lebih memilih blog dari blogger ini karena menurut saya cara membuat dan mengurusnya paling gampang. Khususnya bagi pemula seperti saya ini. Platform lain yang bisa sobat coba membnuat blog gratis selain blogger diantaranya, wordpress.com, mywepblog.com, blog.com, blog detik, dan masih banyak lagi, saya kaga hafal nama-namanya.

Sekarang kita focus saja membuat blog gratis di blogger ini, yang nantinya alamat blog sobat akan ada tambahan ….blogspot.com. setelah sobat faham membuat blog gratis di blogger ini, baru sobat kembangkan pada platform lainnya. oke langsung ke TKP yah…

1.  Silahkan sobat masuk ke www.blogger.com kemudaian masuk dengan alamat gmail sobat. Jika sobat belum punya gemail, silahkan dibikin dulu yah gamailnya.
2. Setalah sobat masuk, lalu klik blog baru untuk memulai membuat blog gratis dari blogger ini. Lihat gambar untuk lebih jelas.
Cara mudah membuat blog gratis di blogger

3. Kemudian sobat akan menemukan formulir seperti gambar berikuti ini, silahkan di isi yah.
Cara mudah membuat blog gratis di blogger terbaru
keterangan
judul : silahkan isi kolom judul ini dengan judul blog yang sobat inginkan. Misalnya Tutorial photoshop | Office | Internet atau apalah terserah sobat, nantinya judul blog ini bisa di rubah kok.
Alamat : koloom alamat ini sobat isi dengan alamat blog yang sobat inginkan, misalnya saya ingin membuat blog dengan alamat “tutorial89” maka alamat sobat jadinya tutorial89.blogspot.com. alamat ini yang nantinya akan kita gunakan untuk mengunjungi blog kita. Jadi hafal baik-baik alamat ini, jangan sampai lupa. Hehehe… usahakan alamat ini menggunakan alamat yang mudah di baca dan dihafal semua orang, supaya banyak yang mengunjungi blog sobat.
Template : nah template ini adalah desain tampilan blog sobat. Silahkan sobat pilih template yang menurut sobat paling KECE, di sini saya memilih template PT Keren Sekali. O ya… template ini nantinya bisa di ganti kok dengan template yang lebih keren. Jadi kalau sobat tidak menemukan template yang tidak sesuai dengan selera sobat, pilih mana saja. Yang penting blognya jadi dulu. Setelah jadi baru deh, ganti dengan template sesuai selera sobat. Untuk template-template keren bisa sobat lihat di : koleksi template responsive blogger atau googling aja, banyak kok yang share secara grartis.
4. Jika semuanya sudah di isi dan di pilih, silahkan sobat klik buat blog. Dengan mengklik tombol buat blog ini, blog sobat sudah jadi. Selamat yah… hore…. Blog gratisnya sudah jadi….

Sekarang blog sobat sudah jadi. Tapi jangan seneng dulu. Kerjaan sobat belum selesai, coba deh liaht blog sobat dengan alamat blog yang sobat buat tadi pasti mlompong kaga ada tulisannya alias tidak ada entri. Kenapa bisa begitu….? Karena sobat belum menulis artikel di blog sobat. Makanya sekarang saya akan bimbing sobat membuat artikel pertama sobat di blog gratis ini. Yuk kita lanjut ke tutorial berikutnya.

Cara membuat postingan di blogspot.

1. Silahkan sobat klik icon pensil, atau klik langsung tulisan mulai ngeposkan seperti gambar berikut ini
Cara mudah membuat blog gratis di blogger terbaru

2. Setelah itu akan muncul gambar berikut ini. Cara menulisnya hampir sama kok seperti mengetik artikel di ms Word. Bahkan sobat bisa langsung meng copy paste artikel dari document word sobat, jadi sobat tidak usah mengetik ulang artikel yang sudah sobat miliki (hanya untuk teks). Gampang banget kan. Untuk lebih jelasnya, silahkan di coba-coba dulu aja deh, kalau ada pertanyaan kan tinggal di Tanya lewat forum komentar di bawah ini. 


Cara mudah membuat blog gratis di blogger

Kenutungan membuat blog gratis

Apakah bikin sebuah blog itu ada untungnya…? Jawabannya pasti ada dong. Dengan blog, sobat bisa menyalurkan bakat sobat dalam sebuah tulisan, berbagi ilmu-limu yang sobat miliki kepada halyak ramai, bisa terkenal seperti raditia dika cs, menjadikan blog sebagai buku harian (diary), sampai sobat bisa menghasilkn uang dari sebuah blog. Pokonya banyak deh… bagi sobat yang sering main game online, yuk kita beralih ke ngeblog gratis di blogger. Jangan lupa isi blog sobat dengan konten-konten yang bermanfaat. Mari kita berinternet sehat

Bagaimana… tertaruk untuk membuat blog….? Untuk selanjutnya up to you. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat, khususnya bagi sobat yang ingin membuat blog gratis. Jika sobat sudah membuat blog, coba share blog barunya di forum komentar di bawah ini. Ditunggu yah blognya….

Bagi Sobat yang masih kurang jelas dengan pemaparan dalam bentuk artikel, mungkin bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk melihat tutorial dalam bentuk video di bawah ini. Jangan lupa untuk SUBSRIBE chanel youtube kami, agar semakin banyak video tutorial yang disajikan di blog ini. Selamat menyaksikan dan memahami.