Cara mudah mempercepat loading blog tuk manjakan pengunjung

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial-tutorial kehidupan sehari-hari. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara mudah mempercepat loading blog tuk manjakan pengunjung".

Tips Internet | Salah satu faktor yang membuat para pengunjung betah adalah memanjakannya dengan fast loading blog. Artinya ketika pengunjung blog sobat berkunjung ke blog, mereka tidak perlu menunggu lama memuat blog tampil secara utuh.  Bukankah orang bijak berkata “Pandangan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah anda.”

Karena alasan itulah, banyak pemilik blog, sangat mementingkan fast loading blognya. Agar para pengunjung tidak keburu kabur karenan penantian yang sangat membosankan. Termasuk kami owner blog tutorial89.com, berusaha sebisa mungkin untuk mempercepat loading blog tutorial89.com dengan berbagai macam cara.

Nah, dengan hasil pengalaman pribadi dalam mempercepat loading blog inilah yang akan saya bagikan kepada sobat semua. Agar sobat bisa merasakan fast loading di blognya masing-masing. O iya, sebelum saya melakukan perbaikan pada template blog tutorial89 ini, skor 43/100 (poor) untuk mobile dan 48/100 (poor) untuk desktop. Dan berapakah skor akhir setelah melakukan perbaikan? Hasilnya bisa lihat di akhir artikel ini.

Cara mudah mempercepat loading blog
  

Cara mempercepat loading blog

1. Pastikan sobat memiliki blog yang akan dipercepat loadingnya, kalao kaga punya apanya yang mau dipercepat J. Oya, karena saya menggunakan blogger, trik ini khusus pengguna blogger ya. Jika bloum punya silahkan mampir ke Cara mudah membuat blogger free

2. Silahkan masuk ke PageSpeedinsights milik google untuk mengetahui skore kecepatan loading blog sobat.

3. Masukan alamat blog sobat kemudian klik Analyze tunggu beberapa detik untuk melihat hasilnya. Setelah itu sobat akan diberi tahu mana saja yang perlu diperbaikin. Untuk melihat lebih terperinci silahkan klik Show how to fix.
Cara mudah mempercepat loading blog

4. Ditahap ini saya merasa kesulitan, karena memang tidak memiliki pengetahuan tentang pengeditan template blog. Yang bisa saya lakukan adalah dengan cara googling petunjuk yang diberikan PageSpeed insights. Dan hasilnya sedikit membantu.

5. Karena Hasil dari perbaikan yang dilakukan sendiri tidak membuahkan hasil yang cukup memuaskan, akhirnya saya meminta pertolongan kepada orang yang memang ahlinya. Beliau adalah bang Ozik Jarwo. Dengan hanya modal uang Rp.45.000,- akhirnya loadng blog saya bertambah cepat hingga 2 kali lipat. Sebagaimana screenshot di bawah ini
Cara mudah mempercepat loading blog
 43/100 (poor) VS 87/100 (good) untuk mobile
 48/100 (poor) Vs 89/100 (good) untuk desktop

Jika sobat punya banyak waktu dan memiliki sedikit kemampuan untuk mengedit template blog, silahkan sobat perbaiki sendiri supaya loading blog sobat bertambah cepat. Akan tetapi jika sobat termasuk orang sibuk dan tidak memiliki kemampuan untuk mengedit template blog, saya sarankan menghubungi bang Ozik Jarwo untuk meminta bantuannya. Semoga bermanfaat.