Cara membuat wallpaper shadow pada status bar dengan photoshop

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial-tutorial kehidupan sehari-hari. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara membuat wallpaper shadow pada status bar dengan photoshop".

Tutorial photohsop | Wallpaper pada dasarnya berarti sebuah kertas untuk menghias dinding atau kertas dinding, namun ketika kita berbicara wallpaper droid atau wallpaper computer, tentu artinya akan menjadi berbeda. Wallpaper android dan wallpaper computer ini berarti, sebuah gambar yang dijadikan gambar latar.

Jika dipertemuan yang lalu kita sudah belajar membuat wallpaper edge atau melengkung ala Samsung galaxy S7 edge, sekarang kita akan belajar membuat wallpaper dengan tambahan efek shadow atau bayangan pada status bar dengan menggunakan photoshop.

Btw, sobat tahu dong apa itu status bar?
Ya… status bar adalah icon-icon yang ada di barisan paling atas. Biasanya ini berisikan notif dari pesan, bbw, what sap, batre, sinyal dan sebangsanya. Pada daerah itulah yang akan kita tambahkan efek shadow atau bayangan, supaya terlihat lebih keren. Untuk lebih memperjelas apa yang saya tulis diatas, sebaiknya sobat langsung saja deh liat kedua gambar di bawah ini.

Cara membuat wallpaper shadow pada status bar dengan photoshop

Gambar kiri adalah wallpaper biasa tanpa efek shadow pada status bar, sedangkan pada gambar kanan adalah wallpaper yang sudah saya tambahkan efek shadow sehingga terlihat lebih keren bukan. Nah jika sobat tertarik untuk membuat wallpaper seperti itu, mari kita langsung menuju ke TKP, tapi sebelumnya silahkan download template efek shadow status bar terlebih dahulu. Silahkan pilih efek shadow yang sobat suka.

Cara membuat wallpaper shadow pada status bar smartphone

 1. Silahkan sobat buka photoshop sobat, kemudian buatlah layar baru dengan mengklik Ctrl+N. silahkan atur ukurannya menjadi 720 x 1280 pixels.
Cara membuat wallpaper shadow pada status bar dengan photoshop

2. Klik menu file > place embedded lalu pilih gambar yang akan dijadikan wallpaper. Jika gambar terlalu kecil, silahkan Tarik supaya gambar memenuhi layar.
Cara membuat wallpaper shadow pada status bar dengan photoshop

3. Klik menu file > place embedded lalu pilih template efek shadow status bar yang sudah tadi sobat download diatas. Kemudian sesuaikan lebarnya dan tempatkan di posisi atas sehingga hasilnya seperti berikut ini.
Cara membuat wallpaper shadow pada status bar dengan photoshop

4. Setelah selesai, silahkan klik Ctrl+Alt+Shift+S untuk menyimpan wallpaper yang sudah sobat buat. pilih format JPG.

Sampai disini sobat sudah berhasil membuat wallpaper dengan effect shadow pada status bar di smartphone sobat dengan menggunakan photoshop. Silahkan langsung dipraktekan supaya tidak lupa. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait