Cara partisi hardik external tanpa bantuan software tambahan

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial-tutorial kehidupan sehari-hari. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara partisi hardik external tanpa bantuan software tambahan".

Tutorial komputer | Karena kebutuhan tempat menyimpan data semakin besar, beberapa waktu lalu saya membeli hardisk external 1 TB merek WD di lazada. Apalagi ketika ada isu virus Ransomware Wannacray yang sudah banyak memakan korban, backup data mejadi kebutuhan wajib bagi penggunaka computer khususnya pemakai OS Windows.

Setelah hardisk external pesenan saya dari lazada  sampe, saya langsung mencobanya pada laptop, Alhamdullilah berjalan lanar. Sayapun langsung mempartisi hardis tersebut menjadi empat part.

Untuk apa hardisk external di partisi?

Ya, mempartisi hardisk external supaya ketika terjadi kerusakan atau terkena virus lebih mudah mengatasinya, karena “tidak akan menyebar” pada partisi yang lainnya. Nah, untuk mempersingkat waktu, mari kita langsung menuju pada acara utama.

Cara partisi hardisk external tanpa bantuan software tambahan

1. Masukan hardisk external sobat pada laptop atau computer sobat
2. Klik kanan computer > Manage sehingga akan muncul  computer management, lalu pilih strong > disk management
Cara partisi hardik external tanpa bantuan software tambahan

3. Klik kanan nama hardis external kemudian pilih Shrink volume. Pada kolom enter the amount of space to shrink in MB isi jumlah MB yang mau dibuat partisi baru. jika sudah klik shrink
Cara partisi hardik external tanpa bantuan software tambahan

4.  Setelah itu sobat akan mendapatkan satu suang hardisk yang kosong berwarna hitam. Tahap selanjutnya, tinggal klik kanan kemudian pilih new simple volume. Maka akan muncul pop up pengaturan new simple volume wizard. Saya rasa sampai disini sobat sudah bisa melakukannya sendiri dengan petunjuk yang sudah disediakan oleh pihak windows.
Cara partisi hardik external tanpa bantuan software tambahan

Jika berhasil, warna gambar hardisk warna hitam akan berubah menjadi warna biru seperti seperti warna hardisk yang lainnya.

Bagaimana, cara membuat partisi hardisk external sangat mudah sekali bukan. Tanpa perlu repot-repot mencari software tambahan, sobat sudah bisa membuat partisi baru hardisk sobat. Oya… cara ini juga berlaku untuk membuat partisi hardisk internal yang ada di computer atau laptop sobat. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait