Resep cara membuat putu mayang yang manis, enak dan praktis

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial-tutorial kehidupan sehari-hari. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Resep cara membuat putu mayang yang manis, enak dan praktis". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien

Tutorial kuliner | Bagi masyarakat Betawi salah satu kuliner khas yakni putu mayang tentu sudah tidak asing lagi. Karena putu mayang ini lahir dari seni kuliner Betawi. Putu mayang adalah kue tradisional yang dibuat dari tepung beras atau tepung kanji yang dibentuk seperti mie. Biasanya ditambah dengan santan kelapa dan dinikmati dengan gula jawa cair.

Jika anda ingin menikmatinya, kue putu mayang ini bisa didapatkan dengan mudah karena banyak pedagang yang menjajakan kue yang satu ini. Tetapi jika anda ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah agar bisa dinikmati bersama-sama dengan keluarga berikut resep-resepnya yang bisa anda terapkan.
Resep cara membuat putu mayang yang manis, enak dan praktis
Gambar ilustrasi

Bahan-bahan putu mayang yang manis, enak dan praktis

Bahan utama putu mayang :
- daun pisang
 -300 gr tepung beras
- 1 sdt garam
- 1 ½ sdm gula pasir
- 5 tetes pewarna makanan hijau muda
- 4 tetes pewarna makanan merah
- 500 ml santan kelapa dari sebutir kelapa
- 100 gr tepung sagu

Bahan saus putu mayang :
- 100 gr gula merah, disisir
- 1 lbr daun pandan
- 75 gr nangka
- ½ sdm maizena
- ¼ sdt garam
- 500 ml santan kelapa dari ¼ butir kelapa

Cara Menyiapkan bahan putu mayang :
- Bersihkan pandan yang sudah disiapkan, kemudian ikat.
- Ambil buah nangka dipotong kotak kecil.
- Tepung maizena dilarutkan ke dalam ½ sdm air.

Cara membuat putu mayang yang manis

1. Siapkan peralatan untuk memasak terlebih dahulu. Masukkan tepung beras, garam, gula pasir, dan santan ke dalam alat memasak tersebut. Masak dan aduk-aduk semua bahan tadi sampai matang dan menggumpal.
2. Lalu tambahkan tepung sagu sambil diuleni.
3. Kemudian bagi adonan yang sudah dibuat tadi menjadi tiga bagian. Bagian pertama diberi warna merah, aduk hingga rata. Bagian kedua diberi warna hijau dan bagian ketika dibiarkan berwarna putih.
4. Masukkan adonan tadi kedalam cetakan kue putu mayang yang sudah anda persiapkan terlebih dahulu. Kemudian tekan di atas daun pisang yang sudah diolesi dengan minyak goreng.
5. Siapkan alat untuk mengukus, kemudian kukus semua adonan sampai matang dan sekitar 15 menit dengan api sedang. Jika sudah matang di angkat dan dinginkan.

Cara membuat saus Putu Mayang :

1. Masak santan kelapa bersama dengan garam, gula merah, dan daun pandan. Kemudian aduk-aduk sampai mendidih.
2. Tambahkan larutan tepung maizena tadi dan potongan nangka. Kemudian aduk-aduk sampai nangkanya setengah layu. Jika nangka sudah setengah layu angkat.
4. Sajikan kue putu mayang dengan saus yang sudah dibuat tadi. Kue putu mayang ini cocok dinikmati dengan secangkir teh hangat. Selamat mencoba.
INFO PENULIS
Penulis
Venicka Arlia Putriana
Facebook
https://fb.com/venicka.ap
Publised at

Artikel Terkait