Cara mudah membuat pelangin dengan photoshop

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan saya masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial photoshop, tutorial microsoft office, tutorial internet dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Dikesempatan kali ini saya akan membahas "Cara mudah membuat pelangin dengan photoshop". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



Tutorial photoshop | Sobat pasti pernah kan melihat pelangi…? Pelangi yang konon memiliki 7 warna yakni merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu (mejikuhibiniu) itu, secara kasat mata hanya 3 warna yang terlihat jelas. Yaiut; merah, kuning dan hijau. Itulah mengapa sebabnya ketika kita waktu kecil menyanyikan lagu pelangi hanya menyebutkan “merah kuning hijau dilangit yang biru”

Muncul berbagai mitus yang dipercaya banyak orang, tentang sebab musabab munculnya pelangi. Diantaranya adalah mitos yang mengatakan “pelangi muncul ketika para bidadari turun dari kayangan untuk madi dikali” mungkin dikayangan kaga ada kali…. Heheheh….

Ternyata setelah saya telusuri dan praktekan sendiri, pelangi itu muncul karena butiran-butiran kecil air hujan yang tersorot sinar matahari, sehingga terciptalah efek pelangi. Makanya pelangi biasa muncul setelah hujan reda yang diikuti terang kembali.

Terlepas dari semua itu, pelangi memang sangat indah untuk dipandang. Tetapi sayang terkadang kita tidak sempat mengabadikan momen indah ini kedalam sebuah foto atau video.

Nah… pada kesempatan kali ini saya akan coba share cara membuat pelangi dengan menggunakan photoshop. Jadi bukan karena bidadari turun dari kayangan, juga bukan butiran-butiran air yang disemburkan. Untuk lebih jelasnya, silahkan sobat lihat gambar dibawah ini.

Cara mudah membuat pelangin dengan photoshop

Bagaimana…? Setelah melihat gambar diatas, kira-kira pelangi bikinan saya ini mirip dengan pelangi aslinya kaga?... Jika sobat tertarik juga untuk membuat pelangi seperti itu, silahkan ikuti tutorial photoshop berikut ini.

Cara membuat pelangi dengan photoshop

Sebelum membuat pelangi terlebih dahulu sobat siapkan foto yang akan kita jadikan background pelangi. Silahkan sobat cari foto yang kira-kira cocok untuk diberi hiasa pelangi. Saya sendiri memilih foto pemandangan bogor yang diambil dari gunung salak pada tahun 2014 lalu. Setelah bahannya siap, baru kita mulai membuat pelangi dengan photoshop

1. Silahkan buka foto tadi dengan menggunakan photoshop. Pada tutorial kali ini, saya menggunakan photoshop CS4

2. Buatlah layer baru kemudian aktifkan gradient tool (G)
Cara mudah membuat pelangin dengan photoshop

3. Sekarang atur warna gradient menjadi warna pelangi. Untuk lebih mudahnya silahkan ikuti langkah-langkah seperti gambar di bawah ini.
Cara mudah membuat pelangin dengan photoshop

4. Setelah sobat memilih special effect sekarang silahkan pilih warna pelangi yang pinggirannya transparan.
Cara mudah membuat pelangin dengan photoshop

5. Klik sambil ditahan dari arah kanan kea rah tengah secara horizontal
Cara mudah membuat pelangin dengan photoshop

6. Silahkan atur opacity layer pelangi menjadi 48% (disesuaikan). Kemudian hapus bagian yang tidak diperlukan dengan menggunakan eraser tool (E)
Cara mudah membuat pelangin dengan photoshop

Sampai tahap ini sobat sudah sukses membuat pelangi dengan mengunakan photoshop. Jika diperlukan, silahkan atur pencahayaan atau bisa diberikan beberapa efek sesuai selera sobat. Sehingga hasil akhirnya menjadi seperti di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Cara mudah membuat pelangin dengan photoshop