Jumat, Maret 1

Cara mudah mengetik tulisan arab di adobe illustrator (AI) + video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara mudah mengetik tulisan arab di adobe illustrator (AI) + video".

Tutorial Illustrator - tutorial89.com | Tulisan atau teks dalam sebuah desain memiliki peran yang sangat penting, terlebih lagi tulisan Bahasa arab. Sebagaimana yang kita ketahu bersama, tulisan Bahasa arab memiliki keindahaan tersendiri. Sehingga mengetik tulisan Bahasa arabic sangat diperlukan sekali.

Dalam tulisan Bahasa arab, kita mengenal calligraphy. Ya …, kaligrafi adalah sebuah tulisan yang disusun sebegitu rupa sehingga membentuk seni yang sangat menakjubkan.

Ternyata membuat tulisan arab di adobe illustrator itu mudah sekali. Semudah membuat tulisan Bahasa arab di microsoft word. Tak percaya? Mari kita buktikan bersama.

Cara mudah mengetik tulisan arab di adobe illustrator (AI) + video

Namun, sebelum mengetik tulisan arab di adobe illustrator, pastikan computer sobat sudah mendukung keyboard atabic. Jika belum silahkan aktifkan telebih dahulu. Jika belum tahu caranya, bisa lihat tutorial kami terdahulu di cara mengaktifkan keyboard Arabic di windows.

Cara mengetik tulisan arab di adobe Illustrator

#Langkah Pertama
Buka adobe Illustrator sobat. Silahkan buat lembar kerja baru (artboard). Lalu silahkan sobat buat tulisan dengan menggunakan type tool (T). nah, disitu sobat akan mendapati tulisan arab terpisah-pisah tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan.
Cara mudah mengetik tulisan arab di adobe illustrator (AI) + video

#Langkah Kedua
Klik menu edit > preference > type. Centang pada kolom show indic options lalu klik Ok
Cara mudah mengetik tulisan arab di adobe illustrator (AI) + video

#Langkah Ketiga
Sekarang cobalah untuk membuat tulisan baru dengan menggunakan Bahasa arab. Tulisan Bahasa arab sudah benar seperti tulisan arab pada umumnya.
Cara mudah mengetik tulisan arab di adobe illustrator (AI) + video

Tips mengetik tulisan arab

Bagi sobat yang belum terbiasa mengetik tulisan arab di computer, mungkin akan sedikit kebingungn. Karena biasanya computer atau laptop di Indoneisa tidak disertakan huruf hijaiah di keyboardnya. Untuk mengakalinya, sobat bisa menempel manual dengan kertas label pada keyboardnya.

Jika tidak tahu letak dimana huruf hijaiyah berada, sobat bisa memanfaatkan keybord virtual (no screen keyboard).

Nah itulah cara mudah mengetik tulisan arab di adobe illustrator. Jika masih kesulitan mempraktekannya, silahkan luangkan beberapa waktu untuk melihat tutorial dalam bentuk video di bawah ini. Semoga bermanfaat.