Selasa, Maret 5

Cara mudah mengetik tulisan arab di photoshop + video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara mudah mengetik tulisan arab di photoshop + video".

Tutorial photoshop - tutorial89.com | Bahasa arab memang memiliki daya tarik tersindiri. Selain kosa katanya yang sangat kumplit sehingga terpilih menjadi Bahasa al Quran, tulisan yang dimilikinyapun tidak kalah keren dengan Bahasa lainnya.

Dan tahukah sobat, kesenian tulisan arab yang sering kita sebut dengan calligraphy memiliki banyak penggemar. Bahkan, banyak orang yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan lukisan calligraphy Arabic yang sangat keren. Tak jarang mereka menuliskan calligraphy Arabic ini dengan menggunakan tinta emas.

Cara mudah mengetik tulisan arab di photoshop + video

Terlepas dari semua itu, di kesempatan kali ini saya akan bahas tuntas bagaimana cara membuat tulisan Bahasa arab dengan menggunakan photoshop. Yang nantinya bisa sobat kembangkan menjadi sebuah calligraphy yang sangat keren. Tertarik? Mari kita buktikan.

Cara mengetik tulisan arab di photoshop

Sebelum mulai mengetik tulisan arab di photoshop, pastikan computer sobat sudah mendukung keybord Arabic ya. Jika belum, silahkan aktifkan dulu keybord Arabic nya. Caranya bisa sobat lihat di cara mengaktifkan keybord Arabic di windows

#Langkah Pertama
Setelah keyboard Arabic di aktifkan, silahkan sobat buka photoshop sobat. Dan mulailah membuat lembar kerja baru. Ukurannya terserah sobat. Lalu coba buat tulisan Arabic menggunakan horizontal type tool (T). Maka hasilnya akan berantakan seperti gambar di bawah ini.
Cara mudah mengetik tulisan arab di photoshop + video

#Langkah Kedua
Untuk mengatasi tulisan arab yang berantakan tidak nyambung seperti di atas, silahkan masuk ke menu edit > preferences > type lalu centang kolom middle eastern and south Asian.
Cara mudah mengetik tulisan arab di photoshop + video

#Langkah Ketiga
Sekarang silahkan buat lembar kerja baru lagi dan mulailah mengetik tulisan arab seperti tadi dengan menggunakan horizontal type tool (T). dan pastikan keyboardnya sudah dirubah ke keyboard arabic. Maka hasilnya sekarang akan menjadi seperti ini.
Cara mudah mengetik tulisan arab di photoshop + video

Nah, itulah cara mudah mengetik tulisan arab di photoshop. Jika penjelasan di atas masih kurang jelas, silahkan sobat luangkan waktu sejenak untuk melihat tutorial dalam bentuk video. Semoga bermanfaat.