Rabu, November 26, 2014

Cara membuat cover CD dengan photoshop

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara membuat cover CD dengan photoshop".

Cara membuat cover CD dengan photoshop | Setelah beberapa hari yang lalu kita sudah bisa membuat label Cd dengan photoshop, sekarang saatnya kita membuat cover CD nya. Supaya CD yang sobat miliki jadi terlihat lebih keren, layaknya CD yang dibeli di toko CD. Jiak sobat mau membuat cover box DVD, tutorialnya juga sudah saya share. Sobat bisa membacanya di: cara membuat cover box DVD dengan photoshop.

Oya, sebelum menlajutkan ket tutorial cara membuat cover CD ini, perlu diketahui, bedanya membuat label CD dan Cover CD. Label CD disini adalah sebuah gambar yang di print pada sebuah kertas label khusus yang kemudian di tempelkan pada kepingan CD. Jadi label CD adalah gambar yang menempel di kepingan CD. Adapun cover CD adalah, gambar yang terpasang di cover CD yang membungkus kepingan CD. Ya…. Kaya gitu deh, sobat tahukan bedanya labe CD dan cover CD… 

Sebenarnya, cara membuat cover CD ini tidak jauh berbeda dengan cara membuat cover DVD dan cara membuat Cover buku denganp hotoshop. Hanya saja ukurannya yang berbeda. Jadi bagi sobat yang sudah membaca tutorial cara membuat cover buku atau cara membuat cover DVD pada beberapa waktu yang lalu, di tutorial photoshop kali ini tadak akan menemukan kesulitan yang berarti.
Cara membuat cover CD dengan photoshop

Cara membuat cover CD dengan photoshop

Cover cd itupun sebenarnya memiliki banyak ukuran dan model. Ada yang terbuat dari amplop CD, cover CD mika yang bening, cover cd isi dua, cover CD box, seperti cover DVD Cuma bentuknya kotak dan lain-lain. Jadi sebelum sobat membuat cover CD, ada baiknya sobat mengetahui Cover CD seperti apa yang akan sobat buat. Nah… di tutorial ini saya akan membuat cover untuk Box CD yang bentuknya persegi seperti pada gambar di atas tadi.

1. Buka photoshop sobat kemudian klik Ctrl+N untuk membuat lembar kerja baru. Atur seperti gambar di bawar ini.
Cara membuat cover CD dengan photoshop
Keterangan:
Pada kolom name isi dengan cover Cd atau terserah sobat mau tulis apa.
Pada kolom width  isi dengan angka 27.5 cm. ini di ambil dari 13.5 cover depan + 0.5 tebal cover + 13.5 cover belakang. Jika dijumlah totalnya menjadi 27.5 cm
Pada kolom height isi dengan angka 12 cm. ini merupakan tinggi dari cover box CD.
Di kolom resolution isi dengan 300 pixel/inch ini untuk menghindari gambar pecah atau buram saat di printout
Di kolom color mode isi dengan CMYK mode. Karena system warna pada kebanyakan prtinter menggunakan CMYK color. Sebenarnya sobat juga bisa menggunakan RGB color. Akan tetapi nanti di hasil printout warnanya tidat sesuai dengan display di computer karena mode colornya berbeda

2. Buatlah guide line dengan cara klik pada penggaris vertical kemudian tekan sambil di geser ke angka 13.5 cm dan 14 cm. ini untuk memudahkan kita membuat batas tebal cover cd. Lihat gambar untuk lebih jelas.
Cara membuat cover CD dengan photoshop
Untuk memudahkan membuat guide line klik Ctrl + + sehingga penggaris atau ruler terlihat lebih jelas. Sobat juga bisa menambahkan guide line pada tempat-tempat yang dirasa perlu

3. Sekarang saatnya menambahkan gambar (desain cover cd) yang sobat inginkan. Jika sobat ingin mengambil gambar dalam video sobat, caranya sudah saya share pada waktu membuat label CD dengan photoshop. Lihat contoh gambar di bawah ini.
Cara membuat cover CD dengan photoshop

Untuk desain cover CDnya silahkan lakukan sendiri ya. Di sini saya hanya memberikan rumusan membuat cover CD dengan menggunakan photoshop. Jika sobat membutuhkan trik-trik mengedit tulisan, sobat bisa membacanya pada tutorial trik mengedit tulisan di photoshop. semoga  bermanfaat.