Sabtu, Juni 14, 2014

Cara mudah merubah file word menjadi PDF

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara mudah merubah file word menjadi PDF".

Cara mudah dan praktis merubah file microsoft word (docx/doc) menjadi pdf – setelah pada beberapa pertemuan yang lalu saya share cara membuat nomor halaman dan daftar isi otomatis pada Microsoft word, di kesempatan kali ini saya akan share cara converter atau merubah file Microsoft word (.doc) menjadi PDF.

cara merubah word ke Pdf sangat mudah sekali, sobat hanya perlu melakukan beberapa langkah maka file pdf pun sudah bisa jadi. pdf adalah salah satu format yang paling banyak digunakan untuk ebook. Selain membukanya lebih praktis tampilannya juga menyerupai buku aslinya. Selain itu format pdf ini tidak bisa di edit secara langsung, jadi sangat cocok jika sobat ingin mempublishnya ke internet. Atau bahkan sobat bisa menjual buku sobat di amazon, yang nantinya sobat akan mendapatkan Dollar $$$$.

Manfaat PDF yang lain adalah bisa di edit menggunakan photoshop. Misalnya sobat ingn membuat tulisan arab di photoshop, sobat bisa memanfaatkan trik ini.

Terlepas apa tujuan sobat membuat file PDF. Sekarang mari kita kembali kpembahasan inti yaitu cara converter file doc/docx ke pdf. Langsung meluncur….

Cara mudah merubah file word (doc/docx) menjadi PDF

Cara mudah merubah file word (doc/docx) menjadi PDF.

Untuk Microsoft word 2007 ke bawah converter doc to pdf belum bisa langsung, tetapi sobat harus terlebih dahulu mendownload software tambaha untuk bisa mengconverter doc ke PDF. Nah, software yang akan kita gunakan kali ini adalah DORO PDF Writer sebuah software berbentuk virtual printer gratis. Jika sobat belum punya, silahkan download Doro PDF writer versi terbarunya di situs resminya http://thesz.diecru.eu/content/doro.php . setelah selesai langsung di install ya…

1. Buka file doc yang akan dirubah menjadi PDF. *pastikan semuanya sudah selesai pengeditannya
2. Klik Ctrl+P untuk mulai menge-print, kemudian pilih printer Doro PDF Writer lalu kok OK *saya anggap sobat sudah selesai menginstal doro pdf writer yang tadi didownload
Cara mudah merubah file word (doc/docx) menjadi PDF

3. Setelah muncul gambar seperti ini silahkan atur sesuai kebutuhan sobat
Cara mudah merubah file word (doc/docx) menjadi PDF
Keterangan:
PDF file          = untuk nama file PDF
…                   = untuk mengganti tempat penyimpanan file
Encryption    = untuk member password pada file PDF
Launch Pdf viewer = ceklis jika ingin langsung menampilkan hasilnya

Silahkan di kembangkan sendiri ya, jangan takut untuk mencoba, tidak akan meledak kok heheh….  O ya, Doro PDF writer ini bisa juga digunakan dari format micorsoft office lainnya bahkan bisa langsung digunakan waktu kita browsing di internet, karena fungsinya sebagai virtual printer. Semoga bermanfaat.