Inilah resep dan cara membuat kolek biji salak

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial-tutorial kehidupan sehari-hari. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Inilah resep dan cara membuat kolek biji salak". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien

Tutorial kuliner | Siapa yang tidak mengenal dengan minuman kolek biji salak yang menyegarkan, olahan minuman ini sangat populer dikalangan masyrakat luas. Minuman yang biasanya dihidangkan pada waktu menjelang berbuka puasa.

Banyak manfaat dan khasiat yang terkandung dari kolek biji salak, salah satunya sebagai penghilang dahaga, memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi serta protein yang baik untuk perkembangan dan pertumbuhan tubuh manusia.             

Rasa manis yang dihasilkan dari kolek biji salak membuat semua orang menyukainya, mulai dari anak kecil, remaja, dan orang dewasa. Tekstur yang lembut dan bau harum yang berasal daun pandan yang digunakan mampu menghipnotis siapa saja yang mencium aromanya.

Kolek biji salak sangat mudah dan praktis untuk dibuat, sehingga anda bisa membuat kolek biji salak dirumah dan dinikmati bersama keluarga anda sebagai menu berbuka puasa yang menyegarkan dan menyehatkan.

Berikut merupakan tips mudah untuk membuat kolek biji salak, anda bisa menyiapkan bahan-bahan seperti dibawah ini.

Inilah resep dan cara membuat kolek biji salak
Gambar ilustrasi

Bahan-bahan untuk membuat kolek biji salak

- ½ kg ubi jalar
- Tepung kanji sebanyak 100 gram
- Garam secukupnya
- Air matang bersih secukupnya
- Gula merah sebanyak 200 gram
- Gula pasir secukupnya
- 2 lembar daun pandan

Langkah-langkah membuat kolek biji salak yang praktis

1. Pertama kupaslah ubi jalar dan cuci hingga bersih, lalu kukus ubi hingga matang
2. Haluskan ubi jalar yang sudah matang, tambahkan tepung kanji dan garam secukupnya, aduk hingga adonan tercampur merata
3. Bentuk adonan yang sudah merata menjadi adonan yang berbentuk lonjong menyerupai biji salak
4. Rebuslah air hingga mendidih, masukan adonan biji salak ke dalam panci yang berisi air mendidih, tunggu hingga adonan biji salak semua mengapung
5. Sembari menunggu biji salak matang, bisa membuat saus gula dengan mencampur semua bahan mulai dari gula merah, air, gula pasir secukupnya, dan daun pandan untuk menambah aroma harum pada kolek biji salak. Rebus semua bahan, tunggu hingga mendidih dan beri sedikit larutan tepung sagu masak hingga mengental. Masukan biji salak yang telah matang ke dalam saus gula.
6. Kemudian buat saus santan dengan mencampur semua bahan seperti kelapa parut, air, garam secukupnya dan daun pandan, rebus bahan aduk-aduk hingga mendidih.
7. Sajikan kolek biji salak dengan menyiram saus santan di atasnya, kolek biji salak siap untuk dinikmati.

Tips diatas diharapkan mampu menambah pengetahuan dan wawasan anda semua dalam membuat kolek biji salak yang enak, menyegarkan, serta menyehatkan bagi anda dan keluarga anda. Selamat mencoba.
INFO PENULIS
Penulis
Venicka Arlia Putriana
Facebook
https://fb.com/venicka.ap
Publised at

Artikel Terkait