5 cara agar kepala tetap segar meski berhijab yang patut dicoba

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial-tutorial kehidupan sehari-hari. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "5 cara agar kepala tetap segar meski berhijab yang patut dicoba". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien

Tutorial lifestyle | Menggunakan hijab merupakan salah satu kewajiban bagi setiap muslim. Namun, banyak yang merasakan gatal-gatal ataupun berketombe setelah memakai hijab. Masalah tersebut memang sudah umum terjadi, tapi Anda tenang saja karena ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Lalu, apa saja cara agar kepala tetap segar meski berhijab yang bisa Anda lakukan? Tanpa menunggu lama lagi, yuk langsung saja simak ulasan menariknya berikut ini.

5 cara agar kepala tetap segar meski berhijab yang patut dicoba
Gambari ilustrasi

1. Keramas secara rutin

Salah satu penyebab kulit kepala tidak segar adalah jarang keramas. Ya, keramas memang akan membuat kepala Anda terasa lebih segar dan membuat rambut menjadi lebih bersih. Sebaknya keramaslah sesuai dengan rekomendasi para pakar yaitu satu kali dalam kurun waktu dua hari. Jangan lebih atau kurang.

Keramas setiap hari akan membuat rambut Anda kering, karena hilangnya minyak pada rambut, sedangkan jarang keramas akan membuat rambut Anda lepek dan gatal-gatal.

Gunakanlah sampo yang mengandung ekstrak lidah buaya sebagai cara agar kepala tetap segar meski berhijab. Selain itu, sampo yang terbuat dari lidah buaya juga akan mempercepat pertumbuhan rambut Anda dan menjadikannya lebih sehat. Penting juga bagi Anda untuk memakai kondisioner setelah keramas guna menjadikan rambut lebih kuat, harum, dan lembut.

2. Rajin menyisir rambut

Menyisir rambut harus dilakukan setiap hari minimal 4 kali dalam sehari. Ya, meskipun hal ini sangat mudah sekali dilakukan namun nyatanya masih banyak orang yang belum bisa menyisir rambut sebanyak 4 kali dalam sehari.

Dengan menyisisr  rambut, maka peredaran darah pada kulit kepala menjadi lancar karena terjadi pemijatan pada saat menyisis rambut. Alanbgkah bagusnya jika Anda menggunakan sisir plastik yang memiliki gigi jarang untuk menghindari terjadinya kerontokan.

3. Jangan berhijab jika rambut masih basah

Memakai hijab saat rambut masih basah bukanlah cara agar kepala tetap segar meski berhijab yang terbaik. Ya, justru hal ini akan mengakibatkan rambut menjadi lebih lembab dan mudah rontok. Tentu Anda tidak mau kan hal ini terjadi?

Biarkanlah rambut kering secara alami. Namun, jika Anda sedang terburu-buru dan harus menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut, maka gunakanlah dengan temperatur rendah dan jaraknya tidak kurang dari 10 cm dari rambut.

4. Potonglah rambut panjang Anda

Memiliki rambut panjang memang sah-sah saja, namun mengingat Anda sekarang sudah memakai hijab, maka sebaiknya hindarilah rambut panjang. Hal tersebut akan menjadikan kepala Anda panas karena kurangnya sirkulasi udara yang masuk.

Disarankan untuk memiliki rambut yang panjangnya tidak lebih dari 60 cm dan jangan memilih model rambut yang berponi karena akan membuat bagian dahi Anda mudah terkena jerawat akibat minyak yang ada pada poni Anda.

5. Pilih hijab yang nyaman

Untuk tetap menjaga cara agar kepala tetap segar meski berhijab, gunakanlah hijab yang menurut Anda nyaman dipakai seperti yang berbahan kaos atau katun untuk aktivitas sehari-hari. Tutorial berhijab untuk pemula

Hijab dengan bahan tersebut memiliki pori-pori yang cukup besar untuk pertukaran udara, sehingga kepala Anda tidak terasa panas. Jangan lupa pula untuk mengganti hijab setiap hari agar keharuman dan kebersihan rambut Anda tetap terjaga.

Sekarang Anda tidak perlu ragu lagi untuk berhijab karena cara agar kepala tetap segar meski berhijab ini dapat menjadi solusi yang paling jitu untuk menjaga kesehatan rambut Anda dan menjadikan Anda tidak mudah gerah saat memakai hijab. Cara-cara tersebut sangat mudah sekali dilakukan, jadi tunggu apalagi?
INFO PENULIS
Penulis
Venicka Arlia Putriana
Facebook
https://fb.com/venicka.ap
Publised at

Artikel Terkait