Cara mudah print A3 dengan kertas A4 di word

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan saya masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial photoshop, tutorial microsoft office, tutorial internet dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Dikesempatan kali ini saya akan membahas "Cara mudah print A3 dengan kertas A4 di word". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



Tutorial microsoft office | Sebagaimana yang kita ketahui, printer standar yang banyak digunakan oleh pengguna rumahan adalah printer standar yang maksimal ukuran kertas yang bisa dicetak adalah LG/A4. Nah sekarang bagaimana jika kita ingin mencetak ukuran gambar atau file yang lebih besar dari A4? Haruskah kita pergi ke percetakan untuk mencetak yang menyediakan printer ukuran A3+?

Jika memang gambar atau file itu bersipat resmi atau penting, memang saya sarankan untuk pergi ke percetakan untuk mengeprint gambar ukuran A3 tersebut. Sesuai pengalaman saya harga percetakan untuk ukuran A3+ berkisar antara 3.500 – 5000 rupiah perlembar.

Cara mudah print A3 dengan kertas A4 di word
Contoh gambar poster berukuran 9 x A4 yang di print menggunakan teknik ini.

Akan tetapi, jika gambar ukuran A3 itu hanya sebuah gambar sample yang masih memerulakn pengeditan dan settingan, saya sih sarankan untuk mengeprintnya dengan prnter biasa aja yang ada dirumah. Apalagi jika rumah sobat jauh diari tempat percetakan yang menyediakan printer A3+.

Namun masalahnya sekarang, apakah mungkin jika printer kita berukuran A4 sedangkan gambar kita ukuran A3 bisa di cetak dengan ukuran A3? Dengan sedikit trik yang ada pada pengaturan printer hal itu tidaklah menjadi masalah. Kita bisa mengeprint ukuran gambar A3 dengan menggunakan printer ukuran A4. so baaimana caranya?

Cara mudah print A3 dengan kertas A4 di word

1. Silahkan buka file microsoft word dengan ukuran A3 yang akan sobat print di perinter A4. Pada contoh kali ini, saya akan mencetak kalender 2016 bikinan saya. Jika sobat ingin juga membuat kalender sendiri, silahkan mampir tutorial cara mudah membuat kalender sendiri.
Cara mudah print A3 dengan kertas A4 di word

2. Klik Ctrl+P untuk membuka pengaturan printer. Kemudian pilih nama printer yang akan digunakan untuk mencetak file ukuran A3. Di sini saya menggunakan printer Canon MP230. Dan selanjutnya klik properti
Cara mudah print A3 dengan kertas A4 di word

3. Setelah pengaturan printer properties muncul, klik tab page setup kemudian atur A3 pada kolom page size dan A4 pada kolom printer paper size. Jangan lupa pada kolom page layout pilih tiling/poster sehingga pada gambar plane paper akan terlihat gambar satu lembar di bagi dua.
Cara mudah print A3 dengan kertas A4 di word

4. Tahap selanjutnya tinggal kilk Ok beberapa kali hingga proses perint atau cetak berjalan. Silahkan tunggu beberapa saat. Jika sudah selesai, sobat akan mendapatkan gambar A3 terbagi kedalam 2 lembar A4.

Tahap selanjutnya sobat tinggal menggabungkan kedua gambar tersebut menjadi satu ukuran A3. Walau sedikit kurang sempurna, Trik ini juga bisa digunakan untuk mencetak gambar yang berukuran lebih besar lagi hanya dengan menggunakan kertas A4, yang hasilnya akan menjadi 16 kali lipat dari ukuran A4. sungguh luar biasa bukan. O ya, jika sobat ingin mengeprint bolak-balik di word, jangan sungkan-sungkan untuk mampir ke cara mudah print bolak-balik di word. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.