Cara membuat kartu ucapan valentin dengan photoshop

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan saya masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial photoshop, tutorial microsoft office, tutorial internet dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Dikesempatan kali ini saya akan membahas "Cara membuat kartu ucapan valentin dengan photoshop ". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



Tutorial photoshop | Bulan Februari, bulan kasih sayang. Dimana pada bulai ini tardapat tanggal yang sangat istimewa bagi sebagian kalangan. Terutama orang-orang barat.

Valentine’s day yang jatuh setiap tanggal 14 februari ini menjadi moment yang dinanti-nanti oleh pasangan sejoli. Dahulu hanya orang-orang barat saja yang mengenal dan merayakan hari valentin ini. namun akhir-akhir ini, dunia timur pun termasuk Indonesia ikut merayakan hari valentin.

Sejarah hari Valentin

Ada berbagai mitos yang berkembang di masyarakat, mengenai sejarah berkembangnya hari valentin atau dalam bahasa inggris di kenal dengan valentine’s day ini. Dari bulan kesuburan, hari raya greja, kisah perjuangan seorang pendeta, lading bisnis dengan balutan agama dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya mungkin sobat bisa baca sejarah hari valentin di Wikipedia.

Berbagai kegiatan dilakukan di hari valentin ini, dari hanya sekedar berkirim kartu ucapan selamat hari valentin, memberi coklat dan bunga sampai banyak para pemudi menyerahkan kehormatannya. Sangat memprihatinkan memang. Dengan mengatas namakan Cinta kasih sayang rela mengorbankan masa depannya untuk seseorang yang belum terjalin ikatan cinta yang sesungguhnya.

Perayaan hari valentin sudah menjamur dimana-mana. Banyak para pemuda dan pemudi yang mengisi hari itu dengan berbagi kasih sayang kepada sesama, tetapi tidak jarang malah terjerumus kedalam lubang kehancuran. Nah untuk mengurangi efek negative dari hari valentin ini, saya akan mencoba membuat tutorial kartu ucapan hari valentin yang di dalamnya terdapat kata-kata positif. Kurang lebih hasil akhirnya seperti ini.

Cara membuat kartu ucapan valentin dengan photoshop

 Cara membuat kartu ucapan valentin dengan photoshop

1. Buka photoshop sobat dan buatlah lembar kerja baru dengan mengklik Ctrl+N kemudian atur ukurannya menjadi A5 horizontal

2. Beri warna pink pada background, sebagai symbol warna kasih sayang. Sobat bisa mewarnai background ini dengan menggunkan pain bucket tool (G)
Cara membuat kartu ucapan valentin dengan photoshop

3. Buatlah gambar LOVE dengan menggunakan Costume shape tool (U) kemudian ganti shape nya menjadi gamber LOVE (heart card). Tempatkan love tersebut tepat ditengah-tengah.
Cara membuat kartu ucapan valentin dengan photoshop

4. Aktifkan horizontal type tool (T) lalu tempatkan ponter tepat di dalam gambar love, sehingga bentuk pointer berubah menjadi seperti gambar di bawah ini. hal ini dilakukan untuk membuat tulisan membentuk love. (mengikuti bentuk gambar)
Cara membuat kartu ucapan valentin dengan photoshop

5. Silahkan mulai menyusun kalimat-kalimat kasih sayang. Karena ini adalah kampanye valentin positif jadi buatlah kalimat-kalimat yang bernadakan semangat positif dan menjauhi hubungan terlarang. Sebagai contoh seperti pada gambar di bawah ini.
Cara membuat kartu ucapan valentin dengan photoshop

6. Jika sudah selesai, hapus gambar love tadi, biar  kalimat yang sobat tulis terlihat jelas membentuk love.

7. Buatlah huruf I dan huruf U seperti pada gambar berikut ini. saya menggunakan jenis huruf Tangerine Bold dengan size 200 pt. tambahkan pula tulisan Valentine’s day dipojok kiri bawah.
Cara membuat kartu ucapan valentin dengan photoshop

8. Tambahkan beberapa garis bingkai dengan menggunakan line tool (U) dengan warna putih.
Cara membuat kartu ucapan valentin dengan photoshop

Sampai di sini usai sudah tutorial kita membuat kartu ucapan valentin dengan menggunakan photoshop. Tentu ini hanya sebagai contoh model kartu ucapa valentin yang sederhana. Sobat bisa melihat kartu ucapan valentin lainnya di koleksi kartu ucapan hari valentin terbaru atau sobat bisa berkreasi sendiri.

Mari kita sebarkan hari valentin dengan makna kasih sayang yang sesungguhnya bukan malah merusak kehormatan orang. Semoga bermanfaat.