Selasa, Desember 01, 2015

Cara cepat menghitung harga diskon di excel

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara cepat menghitung harga diskon di excel".

Tutorial microsoft office | Sebentar lagi kita akan memasuk musim liburan panjang. Dari liburan sekolah, liburan natal sampai di akhiri dengan liburan tahun baru 1 januari 2016. Biasanya toko-toko baik toko offline yang tersebari di mall maupun toko online berlomba-lomba menebarkan pesta diskon untuk menarik para pembeli.

Jika sobat salah seorang pemilik toko yang akan memberikan diskon-diskon pada barang jualannya, sobat sudah tepat berkunjung keblog ini, karena saya akan share cara mudah dan cepat menghitung harga diskon hanya dengan menggunakan Microsoft excel.

Trik ini juga bisa dicoba untuk di praktekan oleh para calon pembeli yang ingin mengetahui harga diskon prodak yang akan di belinya. Atau jika sobat seorang pelajar yang mendapatkan tugas dari guru, boleh juga di praktekin.

Cara mudah menghitungharga diskon di excel

1. Silahkan sobat buka Microsoft excel, kemudian buat document baru.

2. Masukan data-data barang , harga dan diskon yang akan kita hitung harga setelah di beri diskon. *penulisan nominal dengan pormat uang tidak bisa di tulis manual. Sobat harus mengaturnya dengan cara pengaturan format uang. Jika sobat belum tahu caranya silahkan baca tutorial cara menulis format uang di excel supaya tetap bisa menggunakna rumus excel
Cara cepat menghitung harga diskon di excel

3. Tempatkan pointer pada kolom harga diskon. Kemudian tuliskan rumus Excel =E6-E6*F6. Kemudian klik entar. Maka secara otomatis harga yang sudah di beri diskon akan langsung tampil. E6 adalah kolom harga asli, sedangkan F6 adalah kolom besarnya diskon
Cara cepat menghitung harga diskon di excel

4. Untuk menghitung harga diskon barang-barang berikutnya sobat tinggal mengklik kotak pojok kecil yang berada di kolom G6 kemudian Tarik sampai pada kolom paling bawah. Maka secara otomatis harga diskon dari masing-masing barang akan langsung muncul.
Cara cepat menghitung harga diskon di excel

Bagaimana, sangat mudah dan cepat bukan menghitung harga sebuha barang yang sudah diberi diskon dengan photoshop. Hanya perlu beberapa langkah, harga diskon langsung muncul secara otomatis. Semoga bermanfaat.

Cara cepat menghitung harga diskon di excel