Cara membuat cover buku dengan photoshop

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan saya masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial photoshop, tutorial microsoft office, tutorial internet dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Dikesempatan kali ini saya akan membahas "Cara membuat cover buku dengan photoshop". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



Cara membuat cover buku dengan photoshop | tutorial photoshop kali ini adalah requestan dari mas risky, yang pada beberapa yang lalu beliau merequest cara membuat garis yang di beri efek cahaya yang tutorialnya sudah saya publish. Bagi sobat yang mau baca tutorial cara membuat garis yang diberi efek cahaya dengan photoshop silahkan bisa mengunjungi “caramembuat efek cahaya pada garis dengan photoshop”.

Ok back to the topic. Pada waktu dulu, kalau saya ingin membuat cover buku, saya hanya menggunakan bantuan Microsoft word. Karenan memang hanya itu yang bisa saya lakukan. Tetapi sekarang setelah mencoba belajar photoshop, lambat laun saya sudah bisa membnuat cover buku dengan photoshop. Dan hasilnya lebih bagus dan lebih rapi bila dibandingkan dengan membuat cover buku dengan Microsoft word.
Cara membuat cover buku dengan photoshop
Membuat cover buku dengan photoshop ini ada dua tahap yang harus kita lakukan. Yang pertama adalah membuat pola atau kerangka cover buku yang akan kita buat, dan yang kedua adalah, mendesain cover buku itu dengan gambar dan tulisan supaya terlihat lebih indah.

Langsung saja kita mulai membuat cover buku dengan photoshop ini pada tahap pertama, yaitu membuat kerangka atau pola cover buku.

Membuat pola cover buku dengan photoshop

Buku adalah sebuah bentuk bangun ruang yang memiliki 3 dimensi dengan ukuran panjang x lebar x tinggi. Sedangkan cover buku adalah penutup sebuah buku, biasanya terbuat dari sesuatu yang lebih keras dari isi buku itu sendiri.

Jadi sebelum membuat cover buku kita terlebih dahulu harus mengetahui panjang, lebar dan tinggi suatu buku. Perhatikan gambar di bawah ini.
Cara membuat cover buku dengan photoshop
Pada praktek tutoririal membuat cover dengna photoshop kali ini saya akan membuat sebuah buku dengan ukuran A5 ( 21cmx14.8cm) dan tebal (tinggi) 1 cm. ukuran buku standar. Jadi saya membutuhkan kertas untuk cover buku ukuran A4 (A5 cover depan + A5 cover belakang) + 1 cm untuk ketebalan bukunya. Jika ukuran buku sudah sobat ukur, sekarang kita akan memulai membuat cover buku dengan photoshop.

Setelah mendalami dan mempelajari photoshop lebih dalam lagi, ternyata ada pengaturan dalam photoshop yang bisa kita manfaatkan unutk mengatur jarak yang kita inginkan menggunakan guide. Untuk lebih jelasnya silahkan baca : cara membuat pola cover buku dengan photoshop

1. Buka photoshop sobat dan klik Ctrl+N untuk membuat document baru. Kemudian aturla seperti gambar berikut ini.
Cara membuat cover buku dengan photoshop
Name            : isi dengan cover buku untuk mempermudah
Width            : isi 29.7 cm ukuran lebar cover buku depan+belakang
Height           : isi 21 cm ukuran tinggi cover buku
Resolution    : isi dengan 300 pixels/inch supaya hasil cover buku tidak pudar atau buram
Color mode  : isi dengan CMYK color karena kebanyakan mesin printer menggunakan color mode CMYK. Setelah semuanya diatus seperti di atas klik OK. *catatan ukuran ini unutk membuat cover buku ukuran A5, sehingga lebar keseluruhan cover depan dan belakang menjadi A4. Jika sobat mau membuat cover buku dengan ukuran yang berbeda, silahkan disesuaikan saja ya. J

2. Buat lagi document baru (Ctrl+N) untuk membuat tebal cover buku. Disini saya akan membuat cover buku dengan tebal buku 1Cm, sehingga pengaturannya seperti berikut ini.
Cara membuat cover buku dengan photoshop
Name            : isi dengan cover buku untuk mempermudah
Width            : isi 1 cm ukuran tebal cover buku
Height           : isi 21 cm ukuran tinggi cover buku
Resolution    : isi dengan 300 pixels/inch
Color mode  : isi dengan CMYK color

3. Masih di document tebal cover buku. Klik Ctrl+A untuk menyeleksi seluruh document tebal cover buku. Kemudian klik Ctrl+C untuk mengCopy document tersebut.

4. Pindah ke document cover buku, kemudian klik Ctrl+V untuk menempel (paste) document tebal cover buku tadi. Sehingga hasilnya menjadi seperti ini.
Cara membuat cover buku dengan photoshop
Karena warna background (cover buku) dan layer 1 (tebal cover buku) sama-sama putih, jadi gambar tebal cover buku tidak terlihat.

5. Supaya gambar tebal cover buku terlihat, silahkan tambahkan effect Stroke. Caranya doble klik layer 1 (tebal cover buku) kemudian ceklis stroke. Jika kesulitan, silahkan sobat  lihat tutorial Cara mewarnai garis pinggir pada tulisan di photoshop. Sehingga hasilnya akan menjadi seperti ini.
Cara membuat cover buku dengan photoshop

6. Buatlah kotak besar dengan menggunakan rectangular tool (U) kemudian kasih effect stroke seperti gambar tebal cover buku diatas. Lalu rubah fillnya menjadi 0%. Sehingga hasilnya menjadi seperti ini.
Cara membuat cover buku dengan photoshop
Kotak besar ini berfungsi untuk membuat batas sisir buku (batas untuk memotong/merapihkan)

Sampai di sini sobat sudah selesai membuat pola cover buku dengan photoshop. Yang pada tahap selanjutnya sobat tinggal mendesain cover buku sobat. Sebagai penampakan sementara hasilnya adalah sebagai berikut. Jangan lupa untuk di Save terlebih dahulu supaya lebih aman.
Cara membuat cover buku dengan photoshop

Mendesain cover buku dengan photoshop

Setelah sobat selesai membuat pola untuk cover buku, sekarang kita akan memasuki tahap berikutnya, yaitu mendesain cover buku. Mendesain disini bukan berarti saya akan menuntun sobat mendesain sebuah cover buku dengan menggunakan photoshop, akan tetapi saya hanya akan memberikan rumusan-rumusan yang biasanya diletakan pada sebuah desain cover buku. Jadi masalah warna, gambar tulisan dal hal-hal yang berkaitan dengan memperindah cover buku sobat, saya serahkan kepada sobat. Tutorial tambahan yang bisa sobat manfaatkan trik-trik mengedit tulisan dengan photoshop

Mari kita mulai mendesain cover buku dengan menggunakan photoshop.

1. Silahkan sobat masukan sebuah gambar cover buku yang sobat inginkan. Posisinya harus berada di bawah layer 1 (tebal cover buku) dan shape 1 (batas sisir buku). Lihat contoh dibawah ini.
Cara membuat cover buku dengan photoshop

2. Pada cover buku bagian depan isi dengan judul buku, keterangan, penerbit dan penulis. Contohnya sebagai berikut ini. 
Cara membuat cover buku dengan photoshop
Keterangan  : -
Penerbit       : tutorial89
Penulis         : Ibnu Syamsun

3. Pada bagian tebal buku isi dengan penulis dan judul buku. Untuk memutar tulisan menjadi 900  atau miring silahkan klik menu edit > transform > rotate 900 CW. Sehingga hasilnya menjadi seperti ini.
Cara membuat cover buku dengan photoshop

4. Pada cover buku baigan belakang isi dengan deskripsi buku, penerbit termasuk logo dan alamat lengkapnya dan no ISBN, jika sobat sudah mendaftarkan buku sobat ke Perpustakaan Republik Indonesia. > Cara mendapatkan No ISBN. Sehingga hasilnya menjadi seperti ini
Cara membuat cover buku dengan photoshop

5. Cek kembali tulisan dan desainnya. Jika semuanya sudah yakin tidak ada lagi yang keliru. Silahkan di Flatten (digabungkan) dengan cara klik kanan salah satu layer > Flatten image sehingga seluruh layer akan menjadi satu. *Sebelum di flatten, save terlebih dahulu untuk dijadikan master. Untuk jaga-jaga jika ingin di edit ulang. Karena ketika sudah di Flatten sudah tidak bisa di edit lagi.
Cara membuat cover buku dengan photoshop

6. Klik Shift+Ctrl+S kemudian pilih format PDF.

Sekarang cover buku sobat sudah jadi. Tugas sobat sekarang tinggal mengeprintnya. Atau di print ke tempat percetakan. Sebagai info tambahan, harga pasaran untuk ukuran A3 (2xA4) harganya sekitar Rp.5.000,- jadi saya sarankan lebih baik sobat mengeprintnya di tempat pengeprintan langsung. Karena hasilnya lebih bagus.

Bagi yang mau mendownload contoh cover buku dalam format PSD silahkan langsung aja klik “contoh cover buku format PSD*karena ini hanya contoh, jadi ukurannya saya perkecil supaya uploadnya tidak terlalu menghabiskan kuota J

Sekian tutorial photoshop kali ini, pada lain kesempatan saya akan coba share tutorial photoshp menarik lainnya. Trimakasih atas perhatiannya. Semoga bermanfaat.