Minggu, November 02, 2014

Cara membuat puzzle dengan photoshop

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara membuat puzzle dengan photoshop".

Cara membuat puzzle dengan photoshop | puzzle adalah salah satu permainan yang sangat mengasyikan. Puzzle juga bisa dimainkan oleh semua usia, dari mulai anak-anak, remaja, dewasa sampai orang tua. Selain merupakan permainan yang sangat mengasyikan, puzzle juga adalah salah satu permainan yang bisa mengasah otak kita.

Bagi sobat tentu puzzle bukanlah hal yang asing, pastinya tahu dan pernah memainkannya. Tetapi… pernahkan sobat berpikir. “bagaimana jika sobat menyusun potongan-potongan gambar sobat sendiri” artinya; soba memasang dan menyusun puzzle dengan gambar sobat dan orang tercinta sobat, tentu lebih mengasyikan bukan.
Cara membuat puzzle dengan photoshop
 Jika sobat tertarik membuat puzzle, yang gambarnya bisa sobat tentukan sendiri. Pada tutorial kali ini saya akan menshare cara mudah membuat puzzle dengan photoshop. Yang nantinya bisa sobat mainkan bersama orang terdekat sobat. Tertarik… yuk kita membuat puzzle bareng.

Bahan dan alat untuk membuat puzzle

1. Foto yang akan dijadikan puzzle
2. Software photoshop, untuk membuat pola puzzle *supaya lebih mudah dan rapih
3. Kerdus dua lembar ukuran A3 / A4 sesuai ukuran puzzle yang akan dibuat.
4. Guntuing dan kater *alat pemotong
5. Lem untuk menempelkan foto ke kerdus/triplek

Cara membuat pola puzzle dengan photoshop

Hal pertama yang harus kita lakukan dalam membuat puzzle adalah membuat foto berpola puzzle. Karena ini adalah bahan dasar membuat puzzle dengan foto kita sendiri. Di sini saya menggunakan foto keluarga sebagai gambar puzzlenya.

Alat yang akan kita gunakan untuk membuat puzzle adalah photoshop, dengan bantuan filter texture puzzle. Bagi sobat yang belum memiliki pola puzzle, silahkan terlebih dahulu untuk mendownloadnya di: downloadpola puzzle.psd, setelah didownload silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka foto yang sudah sobat siapkan tadi dengan photoshop. Disini saya menggunakan foto keluarga waktu lebaran tahun lalu. *foto ukuran A3 karena kita akan membuat puzzle dengan ukuran A3
Cara membuat puzzle dengan photoshop

2. Buatlah garis seleksi dengan menggunakan rectangular marque tool (M). rubah reather menjadi 10 px (disesuaikan sesuai selera kelengungannya. Semakin gede semakin melengkung), hal ini dilakukan supaya sudut tidak lancip. lihat gambar untuk lebih jelas.
Cara membuat puzzle dengan photoshop

3. Klik Ctrl+J untuk menduplikat gambar. Sehingga hasilnya menjadi seperti ini.
Cara membuat puzzle dengan photoshop

4. Pilih layer 1 (foto yang akan dijadikan puzzle yang tadi sobat copy),  lalu klik menu filter > texture > texturizer.
Cara membuat puzzle dengan photoshop

5. Setelah itu akan muncul pengaturan texturizer, lalu ikuti langkah-langkah seperti gambar di bawah ini.
Cara membuat puzzle dengan photoshop
- klik gambar segitiga kecil
- klik load texture
- pilih pola puzzle.psd yang sudah sobat download tadi
- lalu klik OK

6. Sekarang pola puzzle sudah jadi. Untuk mengatur jumlah jigsaw puzzle silahkan geser-geser % scaling. Klik ok jika sudah selesai.
Cara membuat puzzle dengan photoshop

7. Kemudian beri effect stroke warna putih pada layer 1 (foto yang sudah di beri effect puzzle), jika sobat belum tahu caranya. Sobat bisa melihat tutorialnya di cara mewarnai garis pinggir di photoshop. Sehingga hasilnya menjadi seperti ini.
Cara membuat puzzle dengan photoshop

Sampai disini sobat sudah selesai membuat pola puzzle dengan photoshop. Sekarang sobat tinggal Ctrl+S kemudian pilih format PDF, setelah itu silahkan sobat print gambar yang sudah berpola puzzle tadi di tempat pengeprintan. Harga perlebar ukuran A3 adalah Rp.5.000,- + laminating Rp.3.000,- jadi sobat hanya membuatuhkan uang Rp.8.000,- untuk satu gambar puzzle ukuran A3 yang sudah di laminating *setiap tempat memiliki harga berbeda.

Cara membuat puzzle sendiri

Setelah foto yang sudah didesain jigsaw puzzle siap (sudah diprint), sekarang kita akan membuat puzzle sendiri, supaya bisa dimainkan di dunia nyata. Yuk kita buat puzzle bareng.

1. Siapkan dua buah tatak seukuran kertas puzzle. Yang satu dari kerdus tebal dan yang satunya dari triplek (kalau kaga ada boleh pake kerdus)
2. Tempelkan kertas puzzle dengan kerdus. Lalu gunting sesuai garis yang telah dibuat di photoshop tadi. Guntingnya yang rapih ya. Setelah digunting maka sobat akan mendapatkan potongan-potongan jigsaw dan bingkai puzzle.
3. Tempelkan bingkai puzzle dengan triplek atau kerdus yang sudah tadi disiapkan.
Cara membuat puzzle dengan photoshop

Sampai di sini, sobat sudah berhasil membuat puzzle sendiri dengan harga murah meriah. Silahkan susun kembali potongan-potongan jigsaw puzzle supaya kembali merangkai gambar seperti semula. Selamat bermain puzzle. Semoga tutorial photoshop ini bermanfaat