Cara mudah membuat rantai di photoshop

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan saya masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial photoshop, tutorial microsoft office, tutorial internet dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Dikesempatan kali ini saya akan membahas "Cara mudah membuat rantai di photoshop". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



Cara membuat rantai di photoshop | pada beberapa yang lalu saya pernah share cara mudah membuat logo padi dan kapas dengan photoshop. Nah… Dikesempatan kali ini saya juga akan share cara membuat rantai untuk dijadikan logo dengan photoshop.

Selain padi dan kapas, bentuk yang menjadi paforit dijadikan logo adalah rantai. Sebagaimana lambang Negara republic Indonesia ini, di dada burung garudanya terdapat gambar rantai yang disertakan. Mungkin karena filosofisnya yang begitu dalam kali, sehingga rantai banyak digunakan sebagai logo sebuah brand. Sebagaimana yang pernah saya bahas pada pertemuan membuat logo dengan photoshop kemarin bahwa; membuat logo itu bukan hanya sekedar mendesain sebuah gambar di photoshop atau coreldraw, melainkan jauh sebelum itu perlu pendalaman dan penelitian terlabih dahulu, terhadap brand atau merek yang akan dibuatkan logo tersebut.
Cara mudah membuat rantai di photoshop

Sekarang bagaimana denga…? Apakah juga ingin membuat gambar rantai sebagai bagian dari logo sobat…? Jika iya. Yuk kita belajar membuat rantai dengan photoshop. Caranya sangat mudah sekali kok… sobat bisa membuat rantau melingkar, rantai melengkung, rantai berbentu bintang, atau…. Apakek terserah sobat. Tentunya setelah sobat mengetahui rumus membuat rantai dengan photoshop.

Cara mudah membuat rantai dengan photoshop

Pada praktek kali ini, saya akan menggunakan sedikit bantuan brush photoshop, sobat bisa membuat brush photoshop rantai sendiri, atau langsung mendownloadnya di internet yang sudah siap pakai. Jika sobat mau membuat brush photoshop sendiri, silahkan baca tutorialnya di cara membuat brush photoshop sendiri. Dan bagi sobat yang mau yang praktis tinggal pake, silahkan download brusnya di brush chain for photoshop.

Setelah sobat membuat atau mendownload brush rantai (chain), sekarang silahkan copykan brush photoshop rantai tersebut (format *abr) tersebut ke C:\Program Files\Adobe\Adobe Photoshop CS4\Presets\Brushes. Setelah peralatannya siap, mari kita mulai membuat rantai dengan photoshop.

1. Buka photoshop sobat, kemudian klik Ctrl+N untuk membuat lembar kerja baru. Sebagai contoh saya membuat dengan ukuran 400 px x 400 px.
Cara mudah membuat rantai di photoshop

2. Aktifkan brush tool (B), kemudian cari brush rantai (chain) yang tadi sobat download. Dan atur master diameternya menjadi 45 px (disesuaikan dengan kebutuhan)
Cara mudah membuat rantai di photoshop

3. Kemudian buatlah bentuk pola rantai yang sobat inginkan dengan menggunakan pen tool (P). di sini saya membentu garis melengkung, yang nantinya rantai akan membentuk garis melengkun. Oya jangan lupa untuk membuat layer baru supaya rantainya mudah diedit
Cara mudah membuat rantai di photoshop

4.  Sekarang arahkan kursos tepat di gambar pola rantai, kemudian klik kanan > strok path > brush > ok
Cara mudah membuat rantai di photoshop

5. Sekarang lihat hasilnya, gambar rantai melengkungpun sudah jadi dan siap untuk dijadikan logo brand sobat. Jika sobat menginginkan bentuk yang lain, sobat hanya perlu merubah pola rantai pada tahap no 3 dengan bentuk yang sobat inginkan. Di bawah ini, adalah beberapa contoh bambar rantai yang berhasil saya buat.
Cara mudah membuat rantai di photoshop
Bagaimana… ? gampang sekali bukan membuat rantai dengan menggunakan photoshop itu. Hanya beberapa menit. Gambar Rantai berbagai bentuk pun sudah berhasil sobat buat. Selamat berkreatifitas. Semoga tutorial photoshop ini bermanfaat