Cara mudah membuat brush photoshop sendiri

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan saya masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial photoshop, tutorial microsoft office, tutorial internet dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Dikesempatan kali ini saya akan membahas "Cara mudah membuat brush photoshop sendiri". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



Cara membuat brush photoshop sendiri | bagi yang sudah sering bermain di photoshop mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya brush. Tapi tahukah sobat, jika brush photoshop itu bisa dengan mudah kita buat sendiri. Sobat bisa menemukan brushes tool di photoshop yang berada di tool box, secara default brushes tool ini berada disebelah kiri layar.

Brush photoshop itu sendiri berfungsi untuk membuat gambar dengan pola-pola yang sudah disediakan. Sebenarnya photoshop sendiri sudah menyediakan brush yang bisa kita gunakan. Tetapi sobat bisa menambahkannya sendiri. Sobat bisa mendownloadnya di internet yang sudah banyak yang ngeshare secara free atau bisa juga membuatnya sendiri, seperti yang akan saya share caranya pada tutorial photoshop kali ini.

Kelebihan membuat brush photoshop sendiri adalah kita bisa dengan sesuka hati membuat gambar-gambar favorit kita (yang sering digunakan) menjadi brush photoshop. Seperti logo yang kita miliki, yang biasanya sering digunakan untuk membuat watermark pada sebuah gambar.

Cara membuat brush photoshop sendiri
Oke lah kalo begitu, kita langsung saja memulai membuat brush photoshop sendiri. Caranya sangat mudah sekali kok. Hanya perlu beberapa klik maka brush hasil karya kita sendiri pun akan langsung jadi. Gak percaya…? Yuk kita buktikan bersama…

Cara mudah membuat brush photoshop sendiri

1. Silahkan sobat buka photoshop sobat, kemudian buka gambar yang akan sobat jadikan brush. Sebagai contoh disini saya akan menjadikan logo tutorial89 menjadi brush.
Cara membuat brush photoshop sendiri
Warna gambar akan berubah menjadi hitam putih (secara default). Semakin cerah warna gambar maka akan menghasilkan warna transfaran, ketika sudah menjadi brush

2. Klik menu edit > define brush present… lalu ketik nama yang diinginkan dan kemudian klik OK
Cara membuat brush photoshop sendiri

3. Brush yang sobat buat sudah jadi dan bisa langsung dipakai. Caranya tinggal mengaktifkan brush tool (B) saja. *brush yang sobat buat akan tersimpan di dalam folder brushe yang terakhir sobat buat.
Cara membuat brush photoshop sendiri

Sampai disini sobat sudah sukses membuat brush photoshop sendiri. Selamat ya… bagi sobat yang mau lihat brush buatan saya, silahkan mampir ke Koleksi brushes photoshop buatan sendiri

Cara menyimpan brush photoshop dalam satu folder

Setelah tadi sobat sukses membuat brush photoshop sendiri, sekarang kita akan menyimpan hasil brushes yang sobat buat dalam satu folder. Jadi nantinya sobat bisa membuat nama dan mensharekan kepada yang lainnya bila sobat berkenan. Oya, menurut pengalaman saya, jika brushe belum disave, itu akan hilang ketika sobat me restart photoshp sobat. Jadi sebaiknya sobat menyimpan brushes photoshop yang sobat buata dalam satu folder.

1. Silahkan sobat buat dulu beberapa gambar sobat menjadi brush, caranya sama seperti yang diatas.
2. Lalu aktivkan brush tool, dan lihatlah ke menubar diatasnya. Lakukan seperti pada gambar di bawah ini.
Cara membuat brush photoshop sendiri

3. Delete brush yang menurut sobat tidak perlu. Setelah itu klik Ctrl+A, kemudian klik save set. Ketik nama yang sobat inginkan. *save seperti menyimpan document biasa.
Cara membuat brush photoshop sendiri


Sampai disini sobat sudah berhasil membuat satu set brush photoshop hasil karya sobat sendiri. Selamat yah… Oya agar brush buatan sobat tadi bisa dipake di photoshop pastikan brush yang tadi sobat buat (format *abr) disimpan di C:\Program Files\Adobe\Adobe Photoshop CS4\Presets\Brushes . semoga tutorial photoshop ini bisa bermanfaat. Selamat berkarya.