Cara membuat watermark dengan photoshop

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan saya masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial photoshop, tutorial microsoft office, tutorial internet dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Dikesempatan kali ini saya akan membahas "Cara membuat watermark dengan photoshop". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



Cara mudah membuat watermark dengan photoshop – membuat watermark dalam photoshop adalah sesuatu yang sangat mudah sekali. Terlebih di dalam photoshop itu sendiri sudah ada fasilitas yang disediakan untuk membuat watermark. Akan tetapi semudah apapun itu, jika kita tidak tahu rumusnya maka akan terasa sulit di lakukan.

Apa itu watermark

Sebelum saya akan share cara membuat watermark dengan menggunakan photoshop ini saya akan sedikit membahas sebenarnya apa sih watermark itu. Karena tanpa tahu apa definisi dari watermark yah kita akan kesulitan karna tak punya tujuan. Sama seperti hidup, jika tak punya tujuan kita tak akan memiliki semangat hehehe…. Ceramah dikit…

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia watermark adalah tanda air kalau terjemahan bebasnya kurang lebih adalah sebuah tanda yang terdapat pada gambar, video atau sesuatu yang berhak cipta lainnya, yang penampakannya samar bahkan ada yang tidak terlihat oleh mata telanjang. Mungkin karena air itu sifatnya bening dan transparan kali makanya dinamakan watermark bukan firemark wakawakwak…..

Watermark atau tanda air ini bentuknya macam-macam, bisa berupa tulisan, gambar, logo atau kode-kode rahasia lainnya, yang di sisipkan si pemilik gambar atau video itu. Dengan tujuan gambar dan video miliknya tidak mudah di bajak oleh tangan-tangan usil…..

Sekarang coba perhatikan gambar di bawah ini.!

Cara membuat watermark dengan photoshop

Secara sepintas, sobat tidak akan melihat sesuatu yang aneh pada gambar di atas, tapi jika di perhatikan lebih seksama, sobat akan menemukan watermark dalam gambar itu berupa logo artgallery89.

Watermark ini juga sering saya gunakan pada tutorial-tutorial yang saya buat di blog ini, lihat saja di setiap gambar petunjunk pada tutorial blog ini pasti tersisip logo tutorial89.

Okelah kalau begitu, saya rasa sobat sudah memahami apa itu watermark, sekarang kita tinggal membuat watermark dengan menggunakan photoshop.

Cara mudah membuat watermark (tanda air) dengan photoshop


Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, bahwa membuat watermark di photoshop itu sangat mudah sekali. Pada tutorial kali ini, saya akan membuat watermark pada sebuah gambar hasil jepretan saya sendiri, di perkebunan nanas yang berada di dunung salak. Dan watermark yang akan saya gunakan adalah logo Artgallery89, salah satu blog yang berisikan koleksi foto-foto saya.

1. Buka gambar atau foto yang akan sobat bubuhi watermark dengan menggunakan photoshop
2.  Buka juga logo yang akan digunakan sebagai watermark. Jika belum punya logo, silahkan dibuat dulu logonya. Tutorialnya ada di “cara membuat logo dengan photoshop
3. Seleksi seluruh logo dengan menggunakan rectangular marquee tool (M), lalu klik ctrl+C
4. Pindah ke gambar yang akan disisipkan watermark dan klik Ctrl+V, cara copy paste ini bisa juga dilakukan dengan cara drag and drop .
Cara membuat watermark dengan photoshop

5. Klik layer logo, kemudian atur opacity nya. Semakin kecil nilai opacity semakin transparan logo yang di hasilkan. Sebenarnya cara ini sama dengan cara membuat tulisan transparan dengan photoshop yang beberapa hari lalu saya pernah share di sini.
Cara membuat watermark dengan photoshop

6. Sekarang tinggal dilihat hasilnya seperti contoh di bawah ini;
Cara membuat watermark dengan photoshop

Selesai sudah kita membuat watermark dengan photoshop. Caranya sangat mudah sekali bukan…? Cuma beberapa step foto kita sudah terbubuhi watermark. Sampai jumpa lagi di tutorial photoshop berikutnya. Semoga bermanfaat.