Rabu, November 10, 2021

Tagih dan Kirim Uang Tanpa Biaya Admin lewat BukuWarung

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Tagih dan Kirim Uang Tanpa Biaya Admin lewat BukuWarung ".

Sebagai pelaku usaha, melakukan tagihan dan mengirim uang adalah hal yang biasa dilakukan. Jika ada pembeli melakukan order barang atau jasa maka kita akan melakukan penagihan. Dan jika kita membeli bahan-bahan untuk mebuat sebuah produk maka kita akan mengirim uang.

Jika tagih dan kirim uang itu dilakukan dengan cara ofline hal itu mengkin tidak terlalu berpengaruh. Karena uang akan diterima dengan cara cash tanpa melalui pembayaran digital. Dan kita bisa mencatat transaksi keuangannya menggunakan cara konvesional atau dengan cara digital.

Namun hal itu akan menjadi sedikit masalah jika tagih dan kirim uang itu dilakukan secara online. Yang tidak menggunakan system COD (cash on delivery). Dimana kita harus menagih atau mengirim melalui bank. Yang tak jarang Bank yang kita gunakan berbeda dengan konsumen atau produser kita. Karena bank yang digunakan berbeda maka aka nada biaya tambahan untuk membayar biaya admin bank.

Tagih dan Kirim Uang Tanpa Biaya Admin lewat BukuWarung

Biasanya untuk kirim uang ke akun bank yang berbeda kita akan dikenakan biaya admin sebesar Rp.6.500. uang sebesar itu bagi pelaku UMKM akan terasa besar sekali. Apalagi jika itu dilakukan. Misalnya dalam sehari kita melakukan transfer beda bank sebanyak 5 kali. Maka biaya admin yang kita keluarkan adalah 5 x 6.500 = Rp.32.500/hari dalam sebulan udah 1jt an. Hhhem sungguh uang yang tidak sedikit.

Namun sekarang tidak perlu khawatir lagi, ada satu aplikasi yang bisa transfer uang beda bank tanpa biaya admin. Ya aplikasi itu Bernama BukuWarung.

Sebelum kita lebih jauh lagi membahas BukuWarung, ada baiknya kita sedikit kenalan dengan BukuWarung agar kita semakin trust. Kan pepatah mengatakan “tak kenal maka tak sayang"

Apa itu aplikasi BukuWarung?

Mengutip dari situs resminya BukuWarung adalah aplikasi pembukuan UKM yang dibuat dengan tujuan untuk memudahkan pemilik usaha dalam mencatat pembukuan usahanya. Yang dulunya dicatat melalui buku secara manual, kini seiring majunya perkembangan zaman, pembukuan usaha bisa melalui aplikasi handphone.

Aplikasi BukuWarung ini dikembangkan oleh PT Buku Usaha Digital yang beralamat di Kawasan, Sopo Del Tower B, 22nd Floor Jl. Mega Kuningan Barat III Lot 10. 1-6, Kuningan, Daerah Khusus Ibu kota Jakarta 12950. Saat artikel ini ditulis, BukuWarung sudah digunakan oleh lebih dari 6.5 juta pelaku usaha di seluruh Indonesia.

Cara menagih uang menggunakan BukuWarung

Menagih uang artinya ada konsumen kita yang melakukan pembelian barang atau jasa kita, sehingga mereka perlu melakukan transfer sejumlah uang kepada kita.

Untuk menghindari biaya admin yang dilakukan transfer beda bank, kita bisa melakukan penagihan melalui aplikasi BukuWarung. Sehingga si konsumen merasa seneng karena tidak perlu membayar biaya admin.

Cara melakukan penagihan menggunakan aplikasi BukuWarung adalah sebagai berikut.
  1. Pastikan sobat sudah punya aplikasi BukuWarung. Jika belum punya bisa langsung klik download BukuWarung nanti akan diarahkan ke google play.
  2. Setelah terdownload dan diinstal, silahkan lakukan pendaftaran seperti aplikasi pada umumnya. Kemudian baru bisa masuk ke beranda. Cara instal aplikasi BukuWarung sudah pernah kita bahas di artikel “BukuWarung Aplikasi Pencatat Keuangan Gratis
  3. Masuk kebagian Pembayaran > Tagih
  4. Pilih nama pelanggan yang akan ditagih pembayarannya. Kemudian silahkan masukan data-data yang diperlukan seperti; jumlah tagihan, catatan, jangan lupa untuk memasukan nomor rekening Bank kita untuk menerima uang tagihan
  5. Jika sudah diisi semua klik kirim, kwitansi bisa kita langsung kirim via Whatsapp

Cara kirim uang menggunakan BukuWarung

Kirim uang menggunakan aplikasi bukuWarung artinya. Kita melakukan pembayaran kepada produsen. Atau lebih mudahnya adalah kita melakukan transfer kepada toko atao orang atas pembelian bahan baku/barang jualan yang akan kita jual Kembali.

Seperti yang saya Tulis pada judul artikel ini. Ketika kita melakukan kirim uang atau transfer kita tidak akan dikenakan biaya walau transfer itu terjadi antara dua bank yang berbeda.

Lantas, bagaimana cara kirim atau transfer uang beda bank menggunakan aplikasi BukuWarung. Mari kita simak Langkah-langaknya berikut ini.
  1. Silahkan buka aplikasi BukuWarung yang sudah terinstal tadi. Kemudian langsung masuk ke menu Pembayaran > Bayar
  2. Kemudian silahkan cari nama kontak orang yang akan kita transfer. Kemudian masukan no rekening penerima, jumlah pembayaran, catatan dan metode pembayaran. Untuk metode pembayaran saat ini BukuWarung baru melayani bank BCA, BNI, BRI, CINB Niaga, Mandiri dan permata. Semoga kedepannya semakin banyak bank yang ikut kerja sama dengan BukuWarung ini
  3. Kemudian klik bayar dan lakukan proses pembayaran seperti biasa. Jika sobat masih kesulitan, silahkan lihat tutorialnya dalam bentuk video dibawah ini


Akhirnya, usai sudah pembahasa cara tagih dan kirim uang tanpa biaya admin menggunakan aplikasi BukuWarung. Semoga artikel yang sederhana ini bisa bermanfaat buat kita semua. Amin