Senin, Agustus 23

Leasing Mobil: Apa Itu dan Bagaimana Cara Kerjanya

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Leasing Mobil: Apa Itu dan Bagaimana Cara Kerjanya".

Saat hendak membeli kendaraan roda empat, ada salah satu cara yang bisa Anda tempuh yaitu dengan leasing mobil. Metode pembiayaan untuk membeli mobil ini dinilai lebih efektif dan memudahkan Anda dalam proses pembayarannya. Namun, tahukah Anda apa itu leasing kendaraan? Dan bagaimana cara kerjanya?


Jika biasanya pengguna banyak yang menggunakan bank untuk proses pembayaran mobil, tetapi kini menggunakan jasa leasing mobil sedang marak dilakukan karena bisa memudahkan penggunanya dan memberikan manfaat lain. Nah jika Anda tertarik untuk menggunakan jasa  leasing kendaraan roda empat ini, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dulu apa saja informasi yang akan kami berikan di bawah ini.


Apa Itu Leasing Mobil?

Leasing Mobil : Apa Itu dan Bagaimana Cara Kerjanya ?

https://images.pexels.com/photos/13861/IMG_3496bfree.jpg?cs=srgb&dl=pexels-jeshootscom-13861.jpg&fm=jpg

 

Sebelum membahas lebih jauh tentang leasing mobil, alangkah baiknya kami menjelaskan terlebih dulu apa itu leasing mobil. Leasing sendiri diambil dari kata “lease” yang merupakan suatu kata dalam bahasa inggris yang berarti menyewakan. Sedangkan jika diambil dari sudut pandang perbankan, leasing adalah sebuah kegiatan pembiayaan yang dilakukan oleh suatu perusahaan dalam bentuk peminjaman barang modal.


Biasanya pihak contoh leasing mobil akan memberikan asuransi yang bisa mengantisipasi kerusakan. Inilah kenapa leasing dianggap lebih menguntungkan dan mudah untuk dilakukan dibandingkan dengan bank. Umumnya bank akan menerapkan bunga tinggi tergantung dengan tenor yang Anda pilih. Semakin lama tenor maka akan semakin tinggi pula jumlah bunga yang harus dibayar.


Jadi untuk leasing mobil sendiri adalah sebuah perusahaan yang akan mendanai pengguna untuk membeli mobil baik itu kendaraan bekas atau baru dengan menawarkan jasa pembiayaan. Pengajuan yang harus Anda lakukan disini terbilang mudah dan diselesaikan dalam waktu cepat. 


Proses peminjaman barang modal ini nantinya akan diatur dalam sebuah kesepakatan atau perjanjian tertentu. Adapun beberapa kesepakatan yang harus Anda setujui adalah sebagai berikut:

  • Nasabah atau penyewa harus membayar tagihan sewa secara berkala sesuai dengan tenor yang dipilih.
  • Masa sewa nantinya ditentukan dalam jangka waktu tertentu, biasanya tenor ini di atas 7 bulan.
  • Perusahaan yang bertindak sebagai pemakai barang memiliki pilihan untuk membeli atau menyerahkan barang modal yang disewa jika rentang waktu perjanjian telah habis.

 

Saat Anda melakukan perjanjian dengan leasing mobil, akan ada tiga pihak yang berperan didalamnya. Pihak pertama adalah lessor yang bertugas sebagai penyandang dana, pihak selanjutnya adalah lesse yang dimana ini adalah nasabah yang menggunakan barang. Lalu pihak ketiga adalah supplier yang merupakan pihak penyedia barang dan juga pihak yang menyediakan jasa asuransi. 


Bagaimana Cara Kerja Leasing Mobil?

Leasing Mobil : Apa Itu dan Bagaimana Cara Kerjanya ?

https://www.pexels.com/photo/man-wearing-blue-jacket-sitting-inside-car-while-driving-376729/

 

Nah setelah memahami apa itu leasing mobil, kini saatnya Anda mengetahui bagaimana cara kerja leasing. Sebagai perusahaan yang menyediakan dana untuk nasabah yang hendak membeli kendaraan, leasing dapat membantu Anda untuk mewujudkan kendaraan yang Anda impikan sejak lama.

 

Setelah mendapatkan dana dari leasing, Anda bisa menggunakan uang tersebut untuk mendapatkan mobil baru, tetapi wajib untuk melunasi dana tersebut dengan mencicil dalam waktu yang sudah disepakati sebelumnya. Secara tidak langsung, leasing disebut juga sebagai jasa kredit kendaraan.

 

Biasanya pihak leasing akan memberikan tenor kepada nasabahnya mulai dari 12 bulan hingga 36 bulan. Dalam penerapannya, pihak kreditur akan memberikan jaminan pembiayaan kepada penerima yang telah memenuhi setiap persyaratan. Proses pembayaran mobil ini akan dilakukan oleh pihak leasing dengan dealer mobil.

 

Anda tidak perlu khawatir karena perusahaan leasing mobil biasanya sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, sehingga akan mencegah terjadinya penipuan yang marak terjadi. Salah satu aturan yang sudah ditentukan oleh OJK adalah kebijakan uang muka minimal 20 hingga 30 persen saat memberikan kredit.

 

Nantinya setelah proses pembelian mobil selesai, debitur akan membayar sejumlah angsuran kepada perusahaan leasing lengkap dengan bunga yang sudah disetujui. Cara leasing mobil bekas selanjutnya adalah memberikan skema tentang angsuran sesuai dengan periode pembayaran yang Anda pilih.

 

Ada beberapa jenis uang muka yang harus Anda persiapkan di awal sebelum menerima uang untuk membeli mobil seperti berikut ini.

  • Bunga
  • Pembayaran pokok utang
  • Biaya administrasi
  • Premi asuransi kendaraan

 

Lalu, bagaimana jika nasabah tidak membayar cicilan? Maka mobil yang sudah dibeli tersebut akan dijadikan jaminan untuk melunasi cicilan Anda. Oleh karena itu, pastikan untuk tidak menyalahi aturan yang sudah disepakati sebelumnya dengan perusahaan leasing.

 

Tahukah Anda bahwa besaran kredit yang diberikan oleh perusahaan leasing ini ditentukan berdasarkan besaran uang dan tenor yang Anda pilih. Semakin besar uang muka yang dibayarkan maka akan semakin kecil pula angsurannya. Tenor pinjaman juga akan menentukan besaran cicilan per bulannya. Menarik bukan?

 

Nah jika Anda tertarik untuk membeli mobil menggunakan jasa leasing mobil, maka Anda bisa memilih Maybank Finance sebagai salah satu bank swasta yang bisa memberikan kemudahan untuk Anda dalam mendapatkan mobil impian.

 

Maybank Finance akan membantu dengan layanan yang akan memberikan cashback sebesar 30 ribu untuk Anda. Selain itu, jumlah tenor yang ditawarkan pun cukup panjang, yaitu hingga 7 tahun lamanya. Yang menariknya adalah kini Maybank Finance memberikan bonus bunga 0% dengan tenor 6 bulan hingga 1 tahun untuk siapa saja yang ingin memiliki mobil,

 

Tentunya bunga yang ditawarkan ini tidak akan memberatkan Anda. Apalagi dengan proses pengajuannya yang cepat, dijamin Anda akan nyaman membayar cicilan disini. Oleh karena itu, yuk segera kunjungi Maybank Finance sebagai leasing mobil  terbaik dan dapatkan promo menarik yang menunggu Anda. Bagaimana menurut Anda?


sumber:
https://www.maybankfinance.co.id/
https://glints.com/id/lowongan/kredit-kendaraan-di-leasing/#.YSD02fozbDc
https://www.cermati.com/artikel/leasing-mobil-apa-itu-dan-bagaimana-cara-kerjanya
https://lifepal.co.id/media/leasing-mobil/