Senin, April 26

5 Tips Memilih Daycare yang Tepat Untuk Si Kecil

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "5 Tips Memilih Daycare yang Tepat Untuk Si Kecil".

Apakah Mama Papa sedang mempertimbangkan untuk memasukkan Sang Buah Hati ke daycare? Tentu ada banyak pertimbangan untuk melakukan hal tersebut.


Wajar saja, Mama Papa ingin mempercayakan Si Kecil pada penanganan daycare yang baik. Lalu bagaimana cara terbaik untuk memutuskannya? 


Apakah memilih daycare yang dekat dengan rumah atau yang direkomendasikan oleh banyak kenalan Mama Papa? Simak tips memilih daycare berikut untuk membantu pilihan tersebut. 

5 Tips Memilih Daycare yang Tepat Untuk Si Kecil


1. Mengunjungi Langsung
Luangkan waktu Mama Papa untuk mengunjungi beberapa daycare yang diminati. Cara ini bisa memberikan informasi penting yang diperlukan untuk memantapkan pilihan. 


Mama Papa harus sepakat sebelumnya mengenai hal apa saja yang menjadi poin penting dalam pemilihan. Dengan demikian saat mendatangi daycare langsung dapat memperhatikan hal-hal tersebut dengan seksama. 


Jadi, kunjungan tersebut memberikan informasi yang dibutuhkan untuk Mama Papa sepakati bersama. Temukan persamaan pandangan agar pilihan yang dibuat benar-benar disetujui oleh kedua orang tua.

 
Apa contohnya? Bisa tentang kebersihan, keamanan, kegiatan dan masih banyak lagi. Lokasi daycare bersih dan aman tentu menjadi poin positif. Lebih baik melihat sendiri tempatnya. Gambar dan video tidak bisa benar-benar merepresentasikan fakta yang sebenarnya.   


2. Riset Berbagai Sumber
Bagaimana cara mencari daycare? Mama Papa dapat memanfaatkan berbagai media untuk mendapatkan informasi yang dapat mendukung pilihan. Misalkan ada daycare dekat rumah yang terlihat bagus. Atau ada juga daycare yang pernah lihat saat pergi kerja. 


Tips memilih daycare yang paling utama adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber. Mama Papa bisa coba browsing dan mencari website atau akun sosial dari daycare tersebut. 


Bertanya pada teman atau keluarga yang menaruh anaknya di daycare juga bisa jadi tambahan informasi yang penting. Lakukan riset yang dibutuhkan agar pilihan benar-benar mantap. 


Pertimbangkan juga dengan kegiatan Mama Papa. Jadi, tidak kesulitan mengantar dan menjemput anak karena sejalur dengan arah kantor. Atau bisa juga disesuaikan dengan jam kerja dan waktu pulang.

 
3. Ikut Free Trial
Mama Papa sudah menjatuhkan pilihan? Atau memiliki dua tempat yang sama-sama bagus. Tips memilih daycare yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah sang anak. 


Sekarang giliran mengajak anak ke daycare tersebut dan mempertimbangkan bagaimana reaksinya. Ingat, yang akan menghabiskan waktu di daycare adalah sang buah hati, bukan orang tuanya. 


Oleh karena itu, pertimbangkan juga perasaan dan keinginan anak dalam memilih daycare untuknya. Apakah si kecil menyukai tempatnya, dapat berinteraksi dengan teman-teman dan berbagai pertimbangan lainnya. 


Walau anak Mama Papa masih teramat kecil dan belum lancar bicara, tapi bisa melihat reaksinya dengan pengasuh yang ada di daycare. Apakah anak langsung akrab atau memiliki reaksi tertentu.


Banyak daycare yang menyediakan layanan free trial untuk dapat menarik orang tua untuk bergabung dengan daycarenya. Oleh karena itu, saat mencari informasi, tanyakan pada pihak pengurus apakah ada program free trial yang bisa Mama Papa manfaatkan. 


4. Informasi Tentang Kurikulum dan Peraturan
Tips memilih daycare yang kerap dilupakan adalah mengenai berbagai peraturan dan kurikulum yang diterapkan. Tiap daycare memiliki ciri khas tersendiri dan memakai panduan tertentu, hal ini yang perlu Mama Papa ketahui. 


Ada daycare yang menjalankan usahanya dengan basis agama. Ada juga  yang memakai metode persiapan sekolah dan menambah keterampilan anak-anak. 


Mama Papa juga perlu mengetahui berbagai peraturan yang diterapkan. Jadi, dapat mempertimbangkan apakah mampu untuk mengikuti berbagai aturan tersebut. Ada daycare yang lebih ketat dan disiplin daripada daycare lainnya. 


5. Mengenal Pengurus
Menitipkan anak bahkan pada usia dini tentu tidak mudah bagi orang tua manapun. Oleh karena itu, penting sekali untuk berkenalan dengan pengurus daycare yang akan dipilih. 


Tidak perlu merasa sungkan untuk bertanya dan kalau perlu bertemu dengan pengajar yang akan menangani sang buah hati. Walau bertemu sekali tidak cukup mengenal pribadi seseorang, ada kesan pertama yang bisa Mama Papa pertimbangkan. 


Perhatikan juga perbandingan jumlah anak dan pengasuh yang disediakan untuk tiap ruangan. Apakah jumlahnya sudah pas atau pengasuh kewalahan karena menangani terlalu banyak anak dalam waktu bersamaan. 


Mama Papa bisa lebih memantapkan pilihan dengan menyempatkan diri untuk bertemu dengan pengurus dan pengasuh daycare tersebut. 


Memilih daycare bukan hanya berdasarkan pertimbangan Mama Papa saja, perlu dilihat juga bagaimana reaksi sang buah hati. Jadi, perhatikan tips memilih daycare di atas untuk membantu membuat opsi terbaik. 


Memang akan butuh beberapa pertimbangan, khususnya dimulai dengan mendapatkan informasi awal yang dapat diandalkan. 


Kiddo.id adalah tempat yang tepat untuk Mama Papa memulai pencarian daycare untuk sang buah hati. Ada rekomendasi daycare, berbagai tips untuk memilihnya dan berbagai artikel pendukung yang bermanfaat. 


Mama Papa dapat mengunduh aplikasi Kiddo melalui Google Playstore. Jadi, tidak akan ketinggalan berbagai berita terkini dan rekomendasi penting yang berkaitan dengan kebutuhan keluarga, khususnya anak-anak dari berbagai usia.   


Sumber :
https://www.popmama.com/kid/1-3-years-old/rachma-novianty/cara-memilih-daycare-yang-bagus-untuk-anak
https://id.theasianparent.com/ciri-daycare-yang-bagus-untuk-anak
https://www.sehatq.com/artikel/orang-tua-wajib-tahu-tips-memilih-daycare-yang-tepat

This Is The Newest Post