Senin, Januari 18

Tips Pemilihan dan Pembelian Rack Server 42U

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Tips Pemilihan dan Pembelian Rack Server 42U".

Mungkin masih ada yang menganggap bahwa rack server hanyalah tempat untuk menyimpan peralatan jaringan, tapi sebenarnya perannya lebih dari itu. Keberadaan rack ini memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan performa perangkat jaringan. 


Rack server atau yang disebut juga dengan rak kabinet ini dirancang khusus untuk meletakkan alat server jaringan seperti HUB, Switch, dan komputer. Ukuran rack server sendiri terdiri dari beberapa macam seperti rack server 12u, rack server 20u, rack server 42u dan lain sebagainya. 

Tips Pemilihan dan Pembelian Rack Server 42U

Sedangkan untuk desainnya ada tiga jenis rack server yaitu open rack server, closed rack dan wallmount rack atau rack server gantung. Biasanya rak kabinet yang lazim digunakan di pasaran yaitu rack server 42U karena bentuknya yang dapat menyimpan peralatan dalam jumlah yang cukup besar. 


Tips Pemilihan dan Pembelian Rack Server 42U

Dalam pembelian rack server 42U, bukan hanya dari segi harga rack server saja yang perlu diperhatikan tapi bagaimana kualitas dari produk itu sendiri. Nah di bawah ini ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan sebelum membeli rack server. 


1.Perhatikan Kapasitasnya 

Semua rak kabinet memiliki batas beratnya masing-masing. Untuk itu pastikan rak yang akan Anda beli dapat menampung semua peralatan Anda. Pastikan juga bahwa berat rak lebih berat daripada peralatan yang akan Anda masukkan nanti. Berat yang berlebih akan menyebabkan masalah keselamatan dan akhirnya merusak peralatan.


Selain itu lebar dari rack server juga perlu diperhatikan, sebaiknya Anda memilih rak dengan ukuran yang lebih lebar agar semua peralatan dapat disusun tanpa harus berdesak-desakan. 


Untuk harga rack server juga tergantung dari seberapa besar dan lebar dari rak itu sendiri. Misalnya saja lebarnya 60 dan tingginya 2 m, jelas harga rack server 42u tersebut lebih tinggi dibandingkan yang ukurannya lebih kecil.


2. Pilih Rack yang Menyediakan Manajemen Kabel

Ada dua jenis rack server yang populer di pasaran yaitu rak kosong dan rak yang menyediakan alat manajemen kabel. Seperti namanya rak kosong ini tidak menyediakan alat manajemen kabel. 


Biasanya rak dengan alat manajemen kabel menyediakan alat yang memudahkan kita untuk memasang dan menyusun kabel seperti rel pemasangan atau rak yang dapat disesuaikan.


3. Keamanan

Pada umumnya rak kabinet difungsikan untuk mengamankan peralatan maintenance dari tangan-tangan nakal. Nah di sini ada beberapa bentuk rak, yang pertama ada yang hanya berupa bingkai dan tidak memberikan perlindungan khusus.


Kedua ada yang menyediakan pelindung dasar dan ketiga rak yang telah dilengkapi dengan kaca tempered dan kunci keamanan. Memang sangat penting memperhatikan hal ini agar semua peralatan yang diletakkan lebih aman.


4. Garansi

Harga rack server 42u bukanlah harga yang murah, jika mengalami kerusakan pastinya Anda mengalami kerugian yang cukup besar. Untuk itu sebelum membeli produk ini pastikan Anda memilih tempat yang menyediakan pelayanan yang baik termasuk dalam hal pengiriman barang. Pilihlah tempat yang menjamin keamanan barang dapat sampai dengan selamat tanpa cacat sedikit pun.


Itulah beberapa tips yang wajib Anda perhatikan sebelum membeli rack server. Semoga bermanfaat.