Selasa, November 3

Belajar Rumus Bahasa Inggris Present Continous Tense

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Belajar Rumus Bahasa Inggris Present Continous Tense".

Dalam melakukan percakapan menggunakan Bahasa Inggris, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Selain pronounciation, ada pula hal yang perlu dipahami yaitu tenses. Tenses adalah aturan atau cara menyusun kata dalam bahasa Inggris yang baik dan benar. Salah satu tenses yang perlu dipelajari dari 16 tenses tersebut adalah Present Continuous.

Belajar Rumus Bahasa Inggris Present Continous Tense
Gambar ilustrasi

The Present yang menunjukkan waktu saat ini. Tenses dengan waktu The Present dibagi menjadi 4 tense. Diantaranya adalah Simple Present, Present Continuous, Present Perfect, dan Present Perfect Continuous. Tenses tersebut dibedakan sesuai dengan fungsi dan penggunaannya,. Untuk Present Continuous memiliki pengertian yaitu cara untuk menyampaikan setiap tindakan atau kejadian, perbuatan, dan peristiwa yang sedang terjadi. Bisa juga digunakan untuk menunjukkan perubahan atau perkembangan dalam jangka waktu yang lama.


Pada umumnya, tenses ini juga dikenal sebagai Present Progressive Tenses. Dalam aturan tenses yang satu ini, kata penghubung, time signal, dan subjeknya memiliki karakteristik tersendiri. Artinya, rumus yang digunakan berbeda dengan tenses yang lainnya. The Present memiliki ciri atau karakteristik tersendiri. Contoh di bawah ini adalah penjelasannya.

 

Menggunakan kata kerja bentuk -ing atau V-ing.

Contoh: playing, watching, doing, singing, cooking, dancing, dan lain-lain.

 

Apabila diubah menjadi kalimat tanya, maka to be akan berpindah ke depan. Diketahui bahwa to be terdiri dari am, is, dan are. 

Contoh: Are we singing BTS song?

 

Jika menggunakan kalimat tanya negatif, maka hanya ditambahkan not setelah to be.
Contoh: Are not we singing BTS song?

 
Selain itu, untuk membentuk sebuah kalimat wajib menggunakan rumus present continous yang baku seperti berikut ini  loh :


Kalimat positif : S + to be + Verb –ing
Kalimat negatif : S + to be + not + Verb –ing
Kalimat tanya : To be + S + Verb -ing ?

Gimana? Penjelasan ini sudah seperti sedang les bahasa Inggris online kan? Selamat belajar ya!