Rabu, Juni 24

Mengenal Nitrogen Untuk Angin Ban Motor

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Mengenal Nitrogen Untuk Angin Ban Motor".

Saat ini tempat pengisian angin ban dengan nitrogen semakin mudah ditemukan di Indonesia. Kita mungkin biasa menemukan pengisian angin ban dengan nitrogen di SPBU atau pom bensin terdekat.

Wajar saja pengisian ban motor dengan nitrogen saat ini semakin berkembang di Indonesia, hal ini karena penggunaan nitrogen sebagai isi angin ban motor memang memiliki manfaat dan juga keunggulan yang tidak dimiliki jika kita melakukan pengisian angin ban dengan angin biasa.

Lalu sebenarnya apa itu nitrogen? apa manfaatnya menggunakan nitrogen untuk pengisian ban motor?

Mengenal Nitrogen Untuk Angin Ban Motor

Penggunaan Nitrogen Untuk Angin Ban Motor

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika kandungan udara yang terdapat di Bumi ini 78 persennya adalah nitrogen, dan 21 persen adalah oksigen, sisanya adalah gas lainnya. Karena hal ini banyak yang mengira jika nitrogen dengan angin biasa ini tidak berbeda, padahal jelas-jelas berbeda.

Dalam angin biasa ini mengandung zat lain seperti uap air, karbon dioksida dan zat lainnya yang bisa menyebabkan pelek kendaraan menjadi berkarat entah itu velg mobil atau velg motor.

Sedangkan nitrogen adalah gas udara yang telah tersaring sehingga tidak memiliki kandungan air dan zat lainnya di dalamnya. Walaupun tidak memiliki kandungan air, namun nitrogen memiliki suhu yang jauh lebih dingin dan ringan jika dibandingkan dengan angin biasa. Jadi penggunaan nitrogen ini jauh lebih baik dibandingkan menggunakan angin biasa.

Berbeda dengan menggunakan angin biasa, dalam angin biasa ini terdapat kandungan air yang dapat menguap ketika suhu sedang panas. Udara tekanan angin biasa bisa berubah menjadi air yang dapat membuat bobot ban jadi lebih berat. Perlu anda ketahui jika salah satu penyebab ban motor menjadi sobek adalah karena terlalu berat saat menahan beban berkendara.

Kelebihan Menggunakan Nitrogen Untuk Isi Angin Ban

Tekanan udara pada ban ini sangat penting untuk motor atau mobil agar laju dari kendaraan tersebut bisa lebih stabil. Untuk mengisi angin pada ban kendaraan ini kita bisa memilih 2 cara yaitu dengan mengisi angin biasa atau mengisi dengan nitrogen.

Sebenarnya sama seperti pengisian angin biasa, saat ini kita juga bisa dengan mudah kok menemukan tempat pengisian nitrogen di sekitar kita. Sehingga belakangan ini sudah banyak orang yang memilih mengisi angin ban dengan nitrogen dibandingkan mengisi dengan angin biasa. Hal ini karena nitrogen untuk ban motor memiliki keunggulan dan kelebihan yang tidak dimiliki oleh angin biasa. Berikut adalah keunggulan mengisi angin dengan nitrogen.

1. Nitrogen Membuat Elastis Ban Lebih Terjaga
Kelebihan mengisi angin ban motor dengan nitrogen yang pertama adalah bisa membuat elastis ban motor lebih terjaga dibandingkan mengisi angin dengan angin biasa. Kenyamanan pengendara akan lebih terasa jika kondisi ban lebih terjaga elastisnya.

Elastis disini maksudnya empuk ya bukan kempes. Mengisi angin dengan nitrogen bisa menjaga elastisitas ban, sehingga bisa menjaga kelenturan karet ban motor kita.

2. Molekul Nitrogen Lebih Besar
Perlu anda ketahui jika nitrogen ini mempunyai molekul yang jauh lebih besar dibandingkan dengan angin biasa. Dengan nilai molekul yang besar ini tentu saja bisa membuat anda semakin nyaman saat berkendara menggunakan ban yang sudah diisi dengan nitrogen. 

Molekul yang ada pada nitrogen juga tidak akan mudah menguap akibat panas, sehingga ban motor kita juga tidak akan mudah kempes saat panas. Oleh sebab itu pengendara bisa menjadi lebih nyaman jika menggunakan ban motor yang diisi dengan nitrogen.

3.Nitrogen Tidak Membuat Velg Menjadi Berkarat
Perlu anda ketahui jika nitrogen ini memiliki kadar air yang sangat rendah. Dengan kadar air yang sangat rendah tersebut tentu saja bisa menghindari karat yang biasanya terjadi pada jari-jari velg kendaraan.

Dengan begitu velg kendaraan kita akan lebih terjaga dan terhindar dari karat tanpa perlu terlalu sering membersihkan velg kendaraan.

Nah sekarang anda sudah tahu kan apa itu nitrogen? Dan apa saja manfaatnya untuk ban kendaraan? Jika anda ingin melakukan pengisian nitrogen sebaiknya anda kuras dulu angin biasa yang ada pada ban motor atau kendaraan anda.

This Is The Newest Post