Kamis, Mei 30

Cara membuat symbol derajat dan rumus kimia di word + video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara membuat symbol derajat dan rumus kimia di word + video".

Tutorial microsoft word - www.tutorial89.com | Sobat tahu dong, apa itu symbol derajat. Sebuah buletan kecil yang ada di atas sebuah angka. Biasanya symbol derajat 900 ini kita dapati dalam pelajaran matematika atau fisika.

Selain untuk penggunaan symbol derajat, angka kecil yang berada diatas juga sering kita gunakan untuk penulisan pangkat sepert 42, atau untuk membuat symbol persegi (m2) dan kubik (M3). Dan masih banyak lagi penggunaan angka kecil diatas ini.

Selain angka kecil yang berada diatas sebuah angka. Kita juga bisa membuat angka kecil di bawah sebuah angka atau huruf. Nah, yang ini biasanya kita gunakan untuk menulis rumus-rumus kimia. Seperti penulisan oksigen ditulis dengan O2 , karbondioksida CO2 , Air H2O dan lain sebagainya.

Cara membuat symbol derajat dan rumus kimia di word

Oke kita langsung aja ke topik permasalahan. Jika sobat teratarik, mari kita bahas bersama.

Cara membuat symbol derajat dan rumus kimia

  1. Silahkan buat angka seperti biasa dulu. Misalnya sobat ingin membuat symbol 90 derajat. Maka tulis 900.
  2. Kemudian blok angka 0 untuk yang kedua di angka 900 tadi. Setelah itu langsung klik Ctrl+Shift++ di keyboard. Maka secara otomatis akan langsung berubah menjadi seperti ini gambar di bawah ini. Atau bisa juga dengan mengklik icon superscript di menu home. Cara membuat symbol derajat dan rumus kimia di word
  3. Sedangkan untuk membuat rumus kimia atau angka kecil di bawah caranya blogk angka yang akan dikecilkan. Kemudian klik Ctrl+= di keyboard. Misalnya CO2 menjadi seperti gambar di bawah ini. atau bisa klik icon Subscript Cara membuat symbol derajat dan rumus kimia di word

Nah. Sampai disini sobat sudah sukses membuat symbol derajat dan symbol rumus kimia di Microsoft word. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Jika masih kurang jelas, silahkan luangkan waktu beberapa menit untuk melihatnya dalam bentuk tutorial video dibawah ini. Semoga bermanfaat.