Senin, Mei 13

Cara mudah membuat jadwal imsakiyah dan waktu sholat

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara mudah membuat jadwal imsakiyah dan waktu sholat ".

Tutorial photoshop - www.tutorial89.com | Tak terasa sudah seminggu kita menjalankan ibadah puasa. Tentunya sobat semua masih pada semangat dong menjalankan ibadah tahunan ini.

Dengan menjalankan ibadah puasa, menjalankan syariat, kita juga akan ikut serta merasakan kelaparan yang dirasakan para fakir miskin selama ini.

Cara mudah membuat jadwal imsak dan waktu sholat

Ngomong-ngomong soal puasa, tentu kita tidak bisa terlepas dari yang namanya jadwal imsak. Karena jadwal imsak ini menjadi patokan kita awal dimulai puasa. Walaupun sebenarnya waktu imsak itu bukan awal dimulainya kita berpuasa, tapi kebiasaan kita berhenti makan dan minum di waktu imsak itu adalah kebiasaan yang baik.

Saat ini, pemberitahuan waktu imsak bisa kita jumpai dengan berbagai cara. Dan hal yang paling kelasik adalah dengan menempelkan jadwal imsak di dinding rumah kita. Apakah sobat sudah punya jadwal imsak di rumah sobat? Jika belum, sepertinya saat ini belum terlambat untuk membuat jadwal imsak itu. Kan puasanya masih ada 3 minggu lagi. Jika sobat tertarik, mari kita buat bersama.

Cara membuat jadwal imsakiyah dan waktu sholat

Jadwal imsak yang akan kita buat ini adalah jadwal imsak dan waktu sholat yang dibuat oleh kementrian agama. Jadi kita tidak membuatnya sendiri ya.
  1. Silahkan masuk ke situs resminya kementrian agama di sini
  2. Silahkan pilih propinsi dan kota tempat tinggal sobat. Kemudian klik ikon panah untuk mendownload jadwal imakiyah dalam format excel Cara mudah membuat jadwal imsak dan waktu sholat
  3. Setelah terdownload, silahkan buka dengan menggunakan Microsoft excel. Dan hapus bagian-bagian yang tidak diperlukan seperti logo dan tulisan kementrian agama. Sobat juga bisa menghapus kolom terbit dan duha jika sobat tidak menginginkan jadwal waktu terbit dan duha
  4. Jika sudah selesai mengeditnya silahkan printout. Dan temple didinding rumah sobat.

Sampai disini sobat sudah memiliki jadwal imsakiyah sendiri, jadi tak perlu lagi mengandalkan orang lain untuk mengetahui jadwal imsak.

Jika sobat ingin mendesain jadwal imsakiyah ini, sobat bisa melakukannya dengan menggunakan photoshop. Tutorialnya bisa dilihat divideo dibawah ini