Senin, April 29

2 cara cepat memasukan ayat-ayat quran ke word + video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "2 cara cepat memasukan ayat-ayat quran ke word + video".

tutorial microsoft word - www.tutorial89.com | Sebenatr lagi, kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. Bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Di bulan itu keberkahan melimpah. Naik keberkahan materi maupun non materi.

Kalau ngomongin bulan Ramadhan, tidak bisa terlepas dari yang namanya al Quran. Karena di bulan itulah diturunkan al quran atau dikenal dengan nama nujulul quran. Umat muslim berlomba-lomba menghatamkan al quran.

Selain membaca al quran, mungkin diantara dobat ada yang mau menuliskannya atau mengetiknya di dalam Microsoft word. Jika sobat mengetik manual tentu itu akan sangat merepotkan sekali. Karena selain tidak terbiasa mengetik tulisan arab, mengetik ayat-ayat al Quran diutuhkan ketelitian yang sangat mendalam. Salah memberikan harokat saja akan mempengaruhi arti, dan ini sangat berbahaya sekali.

Cara cepat memasukan ayat-ayat quran ke word + video

Untuk itu saya menyarankan untuk menggunakan pihak ketiga saja. Artinya kita menggunakan aplikasi tambahan untuk langsung secara otomatis memasukan ayat-ayat alquran ini kedalam Microsoft word. Paling tidak ada du acara mudah memasukan ayat-ayat al quran ke dalam Microsoft word ini. Yang pertama menggunakan aplikasi quran ini word. Dan yang kedua menggunakan sisitem online. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Memasukan ayat-ayat quran ke word dengan aplikasi quran in word

Kekurangan quran in word adalah, sobat harus menginstal terlebih dahulu agar bisa menggunakanannya. Pada beberapa kasus, quran in word ini tidak compatible dengan microsfot word tertentu. Kemudian untuk bisa membaca ayat-ayat al quran yang di masukan dengan cara ini, harus terus terinstal quran in word.

Jika di buka di computer yang tidak terinstal quran in word, tulisan ayat-ayatnya akan berantakan. Selain itu ada beberapa ayat yang masih salah penulisannya. Ini yang sangat fatal kalua menurut saya. Terutama bagi orang awam.

Kelebihan dari quran in word adalah, kita bisa menggunakannya tanpa perlu terkoneksi internet. Font arabnya yang mudah dibaca. Lengkap dengan tanda baca mad seperti tulisan alquran aslinya. Sudah mendukung terjemahan Bahasa inggris dan Indonesia. Jika sobat tertarik untuk menggunakan quran in word ini, cara dan aplikasihnya bisa dilihat di cara cepat memasukan ayat quran dengan quran in word.

Memasukan ayat ayat quran ke microsoft word dengan cara online

Kekurangan dari menggunakan cara ini adalah sobat harus selalu online atau terkoneksi ke internet jika ingin memasukan ayat-ayat quran ke dalam Microsoft word. Sejauh ini, saya belum menemukan kesalahan penulisan ayat-ayat quran.

Kelebihannya adalah tanpa harus install aplikasi apapun. Jadi tidak usah repot-repon untuk menggunakannya. Tulisannya berbentuk font yang bisa di edit di Microsoft manapun, tanpa tergantung pada aplikasi. Jika tertarik caranya sebagai berikut.

  1. Silahkan buka aplikasi browser sobat, kemudian buka situs ini quran.al-islam.org kemudian sulahkan ceklis pada kolom Arabic. Dan pilih surat dan ayat yang diinginkan. Lalu klik display. Maka ayat-ayat qurannya akan langsung tampil di sebelah kanan.
    Cara cepat memasukan ayat-ayat quran ke word + video
  2. Block semua ayat al quran yang tampil. Kemudian klik ctrl + c untuk mulai mengcopy. Setelah itu buka microsfoft word. Dan klik Ctrl+v untuk mempastekannya.
    Cara cepat memasukan ayat-ayat quran ke word + video

Ayat-ayat al quran yang harusnya di ketik beberapa menit, kini bisa di copy hanya dalam hitungan detik. O iya. Selain di paste ke dalam software Microsoft word, kita juga bisa mempastenya ke dalam software lain. Seperti photoshop, illustrator, blog dan lain sebagainya.

Jika masih belum faham, silahkan luangkan waktu sejenak untuk melihat tutorial dalam bentuk video. Selamat mencoba.