Kamis, Februari 21, 2019

Cara mudah membuat cover buku di Microsoft word + video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara mudah membuat cover buku di Microsoft word + video".

Tutorial microsoft word - tutorial89 | Biasanya ketika kita ingin membuat cover buku, kita menggunakan aplikasi pengedit photo. Seperti photoshop, corel draw atau software sejenisnya. Seperti yang pernah kita bahas di cara membuat cover buku di photoshop.

Memang, dengan menggunaknan software pengedit gambar seperti diatas, hasil akhir cover buku yang akan kita buat akan lebih sempurna. Akan tetapi, hal ini tidak menutup kemungungkinan untuk membuat cover buku dengan menggunakan Microsoft word.

Nah hal inilah yang akan kita coba di tutorial kali ini. Kita akan membahas, bagaimana mudahnya membuat cover buku dengan hanya menggunakan Microsoft word. Trik ini sangat bermanfaat sekali bagi sobat yang belum menguasai photoshop dan ingin membuat cover buku sendiri.

 Cara mudah membuat cover buku di Microsoft word + video

Oiya, di tutorial kali ini saya akan membuat cover buku untuk buku ukuran A5. Jadi cover yang saya buat adalah ukuran A4. Karena dua kali A5 (depan + belakang) sama dengan A4. Ukuran A4 ini saya anjurkan kepada sobat yang mau membuat buku sendiri. Agar kita lebih mudah mencari kertas dan mencetak cover nantinya. Tertarik? Mari kita langsung menuju TKP.

Cara membuat cover buku di Microsoft word

#langakah pertama
Siapkan bahan-bahannya dulu. Seperti gambar yang akan kita masukan kedalam cover buku, judul buku dan pastinya software Microsoft word sendiri. Untuk gambar dan background mungkin sobat bisa mendownloadnya di sini. Silahkan pilih-pilih gambar yang sesuai dengan cover buku sobat.

#Langkah keuda
Buka Microsoft word sobat, kemudian buatlah lembar kerja baru. Pilih kertas ukuran A4 dengan posisi landscape. pada tutorial kali ini saya menggunakan microsoft word 2013

#langkah ketiga
Buat halaman menjadi 2 kolom. Sobat bisa melakukannya di menu page layout > column > more columns > two > line between > ok
Cara mudah membuat cover buku di Microsoft word + video

#Langkah keempat
Untuk menampilkan garis tengah, silahkan klik enter di keyboard samapi garis tengah muncul di lembar kerja sobat. Hal ini berfungsi untuk menjadi tolok ukur pinggiran buku (ketebalan buku)

#Langkah kelima
Buat gambar kotak dengan menggunakan shape rectangle (ada di menu insert), dan tempatkan tepat di tengah-tengah. Lebarnya disesuaikan dengan ketebalan buku sobat. Misalnya ketelabal bukunya adalah 1 Cm.
Cara mudah membuat cover buku di Microsoft word + video

Sampai disini sobat sudah sukses membuat template untuk cover buku. Kita perhatikan, sekarang kita memiliki 3 bagian. Pertama bagian kanan itu adalah bagian depan buku. Bagian depan buku ini biasanya berisikan judul buku dan nama pengarang. Pada beberapa desain buku di sini juga disertakan nama penerbit

Kedua bagian tengah itu untuk punggung buku, di sini juga biasanya ditulisa judul buku dan pengarangnya dengan tulisan vertical

Dan ketiga adalah bagian kiri. Bagian ini adalah bagian belakang buku. Biasanya berisikan sinopsi buku itu, nama penerbit dan contat penerbit dan barcode ISBN buku.

Cara desain cover buku di Microsoft word

Jika sobat sudah faham bagian-bagian bukunya, saatnya kita mulai mendesain cover buku itu. Karena sedikit susah jika saya paparkan dengan tulisan. Bagian desain buku ini akan saya paparkan dalam bentuk tutorial video ya. Silahkan simak video cara desain cover buku dengan menggunakna Microsoft word berikut ini.