Senin, Januari 21

Cara menampilkan ruler, merubah jenis ukuran, dan guide line di illustrator (AI) + video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara menampilkan ruler, merubah jenis ukuran, dan guide line di illustrator (AI) + video".

Tutorial Illustrator | Ini adalah tutorial pertama saya mengenai adobe illustrator. Tutorial ini saya buat semata-mata untuk mengingat apa yang sedang saya pelajari. Supaya jika suatu saat nanti saya lupa caranya, saya bisa lengsung melihat kembali di blog ini.

Tutorial pertama yang akan saya share tentang adobe illustrator adalah bagaimana cara menampilkan atau menyembunyikan ruler (penggaris) di illustrator.

Ruler atau penggaris ini bagi saya sangat penting sekali. Karena dengan adanya penggaris di artboard illustrator saya jadi mudah mengetahui ukuran. Selain itu dengan menampilkan ruler di illustrator saya bisa membuat guide line.

O iya, ukuran ruler ini juga bisa kita ganti loh dengan ukuran-ukuran yang lain. Di illustrator sendiri yang didukung adalah point, picas, inches, millimeter, centimeter dan pixels untuk lebih jelasnya, mari kita langsung ke TKP…

Cara menampilkan Ruler di adobe illustrator

Untuk menalpilkan ruler atau penggaris, Silahkan buka illustrator sobat, setelah terbuka lalu pilih menu view > ruler > show ruler. Atau untuk lebih cepatnya bisa sobat lakukan dengan short cut di keyboard CTRL+R.

Nah, jika sobat untuk menyembunyikan ruler tinggal klik lagi menu view > ruler > hiden ruler. Kalau pake short cut tinggal klik CTRL+R
Cara menampilkan ruler, merubah jenis ukuran, dan membuat guide line di illustrator

Cara merubah ukuran ruler di illustrator

Nah untuk merubah jenis ruler di illustrator caranya adalah pastikan sobat sudah menampilkan ruler di illustrator sobat. Kemudian klik kanan pada ruler atau penggaris sehingga akan tampil berbagai jenis ukuran. Jika sudah tampil, silahkan pilih jenis ukuran yang sobat inginkan. Sekarang jenis ukuran ruler di illustrator sobat sudah berubah. Selamat.
Cara menampilkan ruler, merubah jenis ukuran, dan membuat guide line di illustrator

Cara membuat guide line di illustrator

Guide line ini berfungsi untuk memberi bantuan tambahan saat kita bekerja di illustrator agar ukuran yang kita buat lebih pas. Dan posisi objek-objek yang kita bikin bisa tertata lebih rapih. Adapun untuk cara membuatnya sangat mudah sekali.

Sobat tinggal arahkan kursor pada penggaris atau ruler, kemudian Tarik kearah artboard sehingga secara otomatis gais guide akan langsung muncul.
Cara menampilkan ruler, merubah jenis ukuran, dan membuat guide line di illustrator

Semoga tutorial perdana tentang illustrator ini bisa bermanfaat. Mari kita sama-sama belajar illustrator di sini. Semoga bermanfat.