Jumat, Oktober 19

Cara mendaftarkan alamat dan membuat barcode lokasi google map + Video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara mendaftarkan alamat dan membuat barcode lokasi google map + Video".

tutorial89 com | barcode adalah kumpulan kode untuk yang bisa di scan menggunakan kamera smartphone untuk membacanya. Barkode ini sering kita jumpai di berbagai aplikasi android. Bahkan beberapa metode pembayaran ada yang memanfaatkan bar code ini.

Barcode juga sering kita jumpai di kartu nama dan kartu undangan. Entah itu kartu undangan pernikahan, undangan khitanan atau bahkan undangan reonian dan seminar.

Dengan barcode ini kita dipermudah mencari alamat tertentu tanpa harus mengetik ulang pada aplikasi google map dan sejenisnya. Karena yang kita perlukan hanya mensecin barkode yang ada. Kemudian kita akan otomatis diarahkan pada alamat yang dituju.

Cara mudah mendaftarkan alamat dan  membuat barcode lokasi google map + Video

Cara membuat barcode lokasi google map ini terbilang sangat mudah sekali, bahkan bisa dilakukan oleh orang awam sekalipun, tentunya setelah sobat memahami tutorial yang akan saya paparkan berikut ini, baik tutorial dalam bentuk artikel atau tutorial dalam bentuk video yang nanti akan saya sertakan di akhir kalimat.

Ok kita langsung saja membuat barcode lokasi google map ini dengan cara yang paling mudah. Dan pastikan, sobat membaca tutorial berikut ini hanya di blog www.tutorial89.com. Karena kalua tidak, berarti sobat sedang membaca artikel plagiat.

Cara membuat barkode lokasi google map


#TAHAP PERTAMA
Silahkan sobat buka google map pada aplikasi browser kesayangan sobat. Dalam tutorial kali ini saya menggunakan browser firefox. Untuk alamat google map bisa klik di https://www.google.com/maps/

#TAHAP KEDUA
Silahkan sobat ketik alamat yang ingin dibuat barcode nya. Contohnya saya ingin membuat barcode untuk alamat tutorial89

#TAHAP KETIGA
Setelah alamat yang dimaksud tampil, tahap berikutnya silahkan klik bagikan kemudian klik salin link
Cara mudah mendaftarkan alamat dan  membuat barcode lokasi google map + Video

#TAHAP KEEMPAT
Buka tab baru, kemudian pastekan alamat link lokasi yang sudah di copy tadi di tab baru terrsebut. Kemudian tambahkan (.qr) diakhir link tadi. Selanjutnya enter dan lihat apa yang terjadi. Barcode alamat google map sobat sudah jadi.
Cara mudah mendaftarkan alamat dan  membuat barcode lokasi google map + Video

#TAHAP KELIMA
Setelah barkode tampil. Langsung saja klik kanan kemudian pilih save as image dan simpen pada tempat yang aman.
Cara mudah mendaftarkan alamat dan  membuat barcode lokasi google map + Video

Sampai disini kita sudah berhasil membuat barcode alamat google map kita. Sekarang sobat bisa menerapkan barcode ini kedalam kartu surat undangan pernikahan (Cara membuat kartu undangan pernikahan) atau kedalam kartu nama (cara membuat kartu nama) sobat.

Sekarang ada satu pertanyaan yang terlewatkan, bagaimana jika alamat yang kita ingin buat barcode belum terdaftar di google map? Tenang, kita bisa mendaftarkan dengan cara berikut ini

Cara mendaftarkan alamat bisnis ke google map


#TAHAP PERTAMA
Masih di google map, kemudian silahkan cari alamat yang akan kita daftarkan ke google map. Untuk mempermudah pencarian alamat saya sarankan ketik alamat yang sudah terdaftar yang paling dekat dengan alamat kita sebagai patokan awal. Bisa alamat sekolah, gedung, toko atau lain sebagainya. Dan rubah tampilan map menjadi peta agar kita lebih mudah mengenali tempat alamat yang kita cari

#TAHAP KEDUA
Setelah alamat yang kita maksud ditemukan. Silahkan klik kanan kemudian pilih tambahkan tempat. Maka secara otomatis akan muncul pop up pengaturannya
Cara mudah mendaftarkan alamat dan  membuat barcode lokasi google map + Video

#TAHAP KETIGA
Silahkan isi nama, alamat, kategori dan lain-lainnya. Dan selanjutnya silahkan ikuti petunjuk yang diberikan google map. Dan setelah selesai kita akan diajak bersabar untuk mendapatkan persetujuan dari mbah google. Biasanya kaga nyampe sehari langsung disetujui kalua tempat dan alamatnya jelas.
Cara mudah mendaftarkan alamat dan  membuat barcode lokasi google map + Video

Nah itulah cara mudah mendaftarkan alamat ke google map sekaligus membuat barcodenya. Selamat mempraktekan dan semoga bermanfaat. 

Bagi Sobat yang masih kurang jelas dengan pemaparan dalam bentuk artikel, mungkin bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk melihat tutorial dalam bentuk video di bawah ini. Jangan lupa untuk SUBSRIBE chanel youtube kami, agar semakin banyak video tutorial yang disajikan di blog ini. Selamat menyaksikan dan memahami.