Senin, Oktober 15

Cara mengatasi typo di Microsoft word dengan autocorrect + Video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara mengatasi typo di Microsoft word dengan autocorrect + Video".

Tutorial micorsoft office | Sobat pasti pernah, ketika mengetik melakukan typo (pengetikan yang salah) baik saat mengetik di chating whatshap, status facebook atau bahkan ketika mengetik untuk tugas membuat makalah dan buku.

Typo (salah mengetik) memang sangat menyebalkan. Terlebih lagi ketika kita mengetik hal-hal yang sangat penting, seperti membuat skripsi atau menulis sebuah buku. Dengan ketikan typo tulisan kita menjadi sangat tidak professional. Yang lebih parah adalah saat typo

Cara mengatasi typo saat mengetik di Microsoft word dengan autocorrect

Memang beberapa kata yang diketik dengan typo tidak berpengaruh banyak dalam sebuah arti yang hendak kita sampaikan. Akan tetapi ada beberapa kata, terutama Bahasa inggris atau bahasa asing lainnya, jika kita salah mengetik maka artinya akan menjadi aneh, bahkan tidak terbaca.

Hal inilah yang harus kita waspadai. Jangan sampai ketika mengetik untuk hal-hal yang sangat penting, ketikan typo tersebar dimana-mana. Agar muka kita tidak ikut tercoreng gara-gara hal kecil yang kita sepelekan.

Nah untungnya kita bisa menimilasir masalah typo ini dengan bantuan auto correction yang sudah tersemat dalam Microsoft word. Ingin tahu caranya. Yuk kita simak bareng-bareng. Tapi pastikan, sobat membaca artikel ini di blog www.tutorial89.com karena selain di sini, berarti sobat sedang membaca artikel plagiat.

Cara mengatasi typo di Microsoft word dengan autocorrect

#Tahap 1
kita siapkan dulu kata-kata yang sering typo. Sebagai contoh kata kata berikut ini; Dengan = degnan | Untuk = utnuk | Yang = yagn | Silahkan = silakan | Pikir = fikir | Fitnah = pitnah | Musholah = Mushola dll. oya, di tutorial kali ini saya menggunakan microsoft office 2013 ya.

#Tahap 2
Setelah kata-kata yang sering typo dalam menetik disiapkan, sekarang silahkan masuk ke menu file > options
Cara mengatasi typo saat mengetik di Microsoft word dengan autocorrect

#Tahap 3
Setelah menu Word option muncul, silahkan pilih proofing > AutoCorrect Options kemudian pada kolom replace silahkan isi dengan kata yang sering typo contohnya "pitnah" dan pada kolom with ganti dengan kata yang benar contohnya "fitnah" lalu klik Add.
Cara mengatasi typo saat mengetik di Microsoft word dengan autocorrect

#Tahap 4
Silahkan tambahkan semua kata yang suka typo (pengetikan salah) pada kolom replace dan kata yang bener pada kolom with. Selanjutnya tinggal klik ok sampai selesai. Dan sobat bisa mulai mencoba mengetik kata yang salah. Dan secara otomatis akan berubah dengan kata yang benar.

Bagi Sobat yang masih kurang jelas dengan pemaparan dalam bentuk artikel, mungkin bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk melihat tutorial dalam bentuk video di bawah ini. Jangan lupa untuk SUBSRIBE chanel youtube kami, agar semakin banyak video tutorial yang disajikan di blog ini. Selamat menyaksikan dan memahami.