Rabu, Agustus 1

Cara mudah mencetak buku sendiri dengan jilid softcover + video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara mudah mencetak buku sendiri dengan jilid softcover + video".

Tutorial microsoft office | Buku adalah jendela dunia sebuah pribahasa yang sudah sangat familiar sekali di telinga kita. Dengan membaca buku ilmu pengetahuan kita akan bertambah, sehingga kita bisa melihat dunia melalui buku ini.

Walaupun perkembangan zaman sudah sangat maju, dimana untuk membaca bisa kita lakukan dimana saja melalui smartphone atau computer, tetapi keberadaan buku masih belum bisa tergantikan. Khususnya bagi para pecinta buku.

Membaca di buku fisik membawa keasikan tersendiri bagi pembacanya. Membuka lembar demi lembar sampai akhirnya selesai di akhir halaman. Selain itu buku bisa dijadikan penghias ruangan dengan deretan buku yang tersusun rapih yang ini semua tidak bisa dirasakan jika hanya mengandalkan ebook. Itulah salah satu alasan mengapa sampai sekarang buku belum bisa tergantikan sepenuhnya.

Jika selama ini sobat hanya menikmati membaca buku yang disusun dan ditulis oleh orang-orang, pernahkan sobat untuk membuat buku sendiri hasil dari buah karya sobat sendiri?

Cara mudah mencetak buku sendiri dengan jilid softcover

Jika sobat punya karya tulisa yang sudah siap cetak, mungkin sobat terhalang oleh masalah percetakan yang harganya tidaklah murah. Namun tak usah bersedih hati. Pada tutorial kali ini saya akan beragi pengalaman bagaimana cara membuat buku, tepatnya menyusun buku sampai bisa di cetak sendiri dengan harga yang sangat terjangkau.

Oke langsung saja kita memulai membuat buku sendiri dengan modal yang terjangkau. Danpastinya bisa bikin buku satuan.

Sebelum mencetak buku, tentunya sobat harus punya naskah yang mau dibuat buku fisik. Karena tanpa itu, apanya yang mau di cetak J .

Bukan hanya mempunyai naskah saja, tapi sobat juga harus sudah menyusunnya menjadi naskah yang siap print dalam susunan buku. Di tutorial kali ini saya tidak akan membahas lagi cara mensetting naskah di Microsoft word agar bisa siap printout meenjadi sebuah buku. Karena hal itu sudah saya bahas pada tutorial sebelmnya.

Bagi sobat yang baru bergabung dengan tutorial89.com silahkan untuk beca-baca tutorial sebelumnya yang berhubungan dengan buku diantaranya
dan masih banyak lagi tutorial yang berhubungan dengan seting buku di blog tutorial89.com ini.

O iya, selain naskah buku yang harus sobat printout, sobat juga harus mencetak cover bukunya ya. Biasanya saya menggunakan kertas art carton 260 untuk membuat softcover buku. Harga cetaknya sekitar 5.000 rupiah per lembar A3.

Cara mudah mencetak buku sendiri

1. Silahkan printout naskah yang sobat miliki kemudian potong menjadi dua.
Cara mudah mencetak buku sendiri dengan jilid softcover

2. Steples buku yang sudah dipotong, namun sebelumnya tambahkan kertas di atas bawah buku untuk menahan steples tidak langsung ke kertas
Cara mudah mencetak buku sendiri dengan jilid softcover

3. Lem punggung buku dengan menggunakan lem kayu. Namun sebelumnya pres atau tekan buku agar punggung buku yang akan di lem rapat dan tak berongga.
Cara mudah mencetak buku sendiri dengan jilid softcover

4. Sambil menunggu buku mengering kita siapkan dulu covernya. Potong dan lipat cover sesuai pola yang sobat buat. Cara memnbuat cover buku di photoshop

5. Pisahkan buku-buku yang menempel *jika sobat membuat buku lebih dari satu
Cara mudah mencetak buku sendiri dengan jilid softcover

6. Lem kembali punggung buku sampai kertas kecil di atas bawah untuk menempelkan pada cover yang sudah siap.
Cara mudah mencetak buku sendiri dengan jilid softcover

7. Silahkan pres lagi dengan cara menumpuknya dengan buku yang tebal agar lem merekat degnan kuat

8. Langkah terakhir adalah memotong (menyisir) bagian atas bahah dan kanan buku yang tidak terpakai.

Untuk lebih mempermudah, silahkan luangkan waktunya sebentar untuk menonton tutorial dalam bentuk video di bwaha ini.

Tutorial video membuat buku

Bagi Sobat yang masih kurang jelas dengan pemaparan dalam bentuk artikel, mungkin bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk melihat tutorial dalam bentuk video di bawah ini. Jangan lupa untuk SUBSRIBE chanel youtube kami, agar semakin banyak video tutorial yang disajikan di blog ini. Selamat menyaksikan dan memahami.

- INFO PENTNG -

Jangan lupa untuk subscribe chnale youtube kami agar selalu mendapatkan update tutorial-tutorial menarik lainnya dalam bentuk video. Semoga video-video tutorial yang kami sajikan bisa bermanfaat. Termiakasih