Friday, July 20

Pengertian Simple Present Tense beserta contoh dan terjemahannya

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Pengertian Simple Present Tense beserta contoh dan terjemahannya".


Belajar bahasa inggris | Dari pelajaran sebelumnya tentu Anda sudah memahami apa yang disebut dengan tenses dan jenisnya. Untuk lebih memperdalam lagi, mari kita lanjutkan ke pembahasan berikutnya yaitu tentang simple present tense. Sudah siap kan? Yuk kita mulai dengan mepelajarinya lebih detail.

Pengertian simple present tense

Jenis tenses ini digunakan untuk menceritakan waktu sekarang dalam bentuk sederhana. Bentuk kata kerjanya berfungsi untuk menyatakan kebiasaan, fakta, atau kejadian yang terjadi pada saat ini. Bentuk tenses ini paling sering digunakan dalam bahasa Inggris.

Pengertian Simple Present Tense beserta contoh dan terjemahannya
Gambar ilustrasi

Rumus simple present tense

(+) S + V1 (+es/s)                   
Example : Sun rises from east / Matahari terbit dari tmur
(-) S + Do/Does + not +V1       
Example : I don’t like coffee / I tidak suka kopi
(?) Do/Does + not + S + V1?   
Example : Do you speak English  / apakah kamu berbicara bahasa inggris

Fungsi dan Contoh Kalimat Simple Present Tense

1.  Menyatakan habitual action (kebiasaan) dan yang sering digunakan adalah adverb of frequency (every day/week, month always, often, usually, all the time, etc).
Contoh : He always breakfast every morning / dia selalu sarapan setiap pagi

2.  Simple present tense berfungsi untuk mengungkapkan kebenaran umum/fakta yang tak terbantahkan.
Contoh : The sun sets in the west / Matahari terbenam dari barat

3.  Fungsi dari tenses ini adalah untuk membuat pernyataan yang sederhana yang berlaku kapan saja ataupun yang tidak umum dengan menggunakan verb be.
Contoh : She is so beautiful  /  dia begitu indah

4.  Simple present tense dapat digunakan untuk menyatakan indera (sense), pikiran (mental state), perasaan (feeling) atau kepemilikan (possession).        
Contoh : She loves singing / dia suka bernyanyi

5.  Kita dapat menggunakan tenses ini untuk membicarakan rencana atau jadwal di masa depan tetapi memiliki jangka waktu yag dekat dengan sekarang. Pada umumnya yang dibicarakan adalah tentang transportasi atau event. Kata kerja yang biasa digunakan antara lain: arrive, come, leave.
Contoh : The ceremony starts at seven o’clock  / Upacara dimulai pada pukul 7

Sudah jelas kan apa itu simple present tense, rumus dan fungsinya? Untuk pembahasan selanjutnya kita akan mempelajari tentang present continous tense. Tetap semangat ya!
  INFO PENULIS
Penulis
Ika Pratiwi
Facebook
https://fb.com/ikapra31
Publised at