Cara menggunakan Both of...and Dalam kalimat bahasa inggris

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara menggunakan Both of...and Dalam kalimat bahasa inggris".

Belajar bahasa inggris |  Sudah siap belajar materi Bahasa Inggris lagi? Kemarin Anda sudah belajar tentang penggunaan kata hubung not only.. but also. Masih ingat? Yap, kata hubung tersebut digunakan untuk menghubungkan dua klausa yang setara. Setara, jika klausa pertama menggunakan kata benda, maka klausa kedua juga harus menggunakan kata benda juga. Lanjut ya... artikel kali ini akan membahas tentang penggunaan both.... and.
Cara menggunakan Both of...and Dalam kalimat bahasa inggris
Gambar ilustrasi

Penggunaan Konjungsi Both … And dalam bahasa inggris

Ternyata, both ... and termasuk dalam jenis konjungsi atau kata sambung. Ini juga bisa disebut dengan paired conjunction. Penggunaannya selalu berpasangan. Both tidak bisa dipisahkan dengan and. Menurut pengertiannya, kata hubung ini memiliki arti kedua-duanya. Kedua-duanya di sini bisa mengacu pada subjek benda.

Dengan demikian, setelah menggunakan conjunction both, maka harus diikuti dengan kata verb yang berjumlah plural atau jamak. Lihatlah contoh berikut ini!

Both of my mother and my sister like music
ibu saya dan saudara saya keduanya suka musik
Both of Hasan and Husen are working so hard
Hasan dan Husen keduanya bekerja sangat keras
Both of you and me were in the school yesterday afternoon
Keduanya kamu dan saya berada di sekolah kemaren sore

Dengan melihat ketiga contoh di atas, maka Anda bisa sedikit mengamatinya. Setelah adanya kata both yang diikuti dengan subjek, maka akan diikuti pula dengan verb yang berbentuk jamak. Contoh pada kalimat pertama, like merupakan verb dari simple present tense untuk subjek jamak. Benar bukan?

Selanjutnya pada contoh ke dua, terdapat to be are yang menunjukkan jamak yang diletakkan setelah Both dan subjek. Begitu juga dengan contoh nomor 3. Both dan subjek kemudian diikuti dengan to be were yang menunjukkan subjek yang berbentuk jamak.

Ketiga kalimat di atas jelas telah menggunakan subjek jamak dan dihubungkan menggunakan both dan And.

Bagaimana, sudah paham? Sederhana sekali bukan rupanya? Itulah cara menggunakan conjunction atau kata hubung both..... and. Anda bisa mencari contoh yang lebih banyak lagi untuk lebih mudah dalam mempelajarinya. Ternyata, have fun banget ya belajar bahasa inggris itu! Semoga Anda sudah paham dan dapat membuat kalimat menggunakan both.. and dengan benar.
INFO PENULIS
Penulis
Ika Pratiwi
Facebook
https://fb.com/ikapra31
Publised at