Apa Itu Gerund? Simak Penjelasan dan Contohnya

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Apa Itu Gerund? Simak Penjelasan dan Contohnya".

Belajar bahasa inggris | Sahabat, apa kabar hari ini? Materi Bahasa Inggris memang selalu menyenangkan untuk dipelajari. Setelah kemarin belajar tentang both.. and, kali ini akan dibahas tentang materi selanjutnya. Masih ingat both, dan and? Both .. and memiliki arti kedua-duanya dan berfungsi untuk menghubungkan dua subjek  melakukan verb yang sama. Selanjutnya, mari bahas mengenai penggunaan gerund .

Apakah gerund itu?

Gerund merupakan kata yang dibentuk dari sebuah verb atau kata kerja, dan kemudian ditambahkan dengan akhiran –ing. Nantinya, bukan kata kerja lagi yang akan tercipta, melainkan kata benda. Bisa dikatakan bahwa gerund merupakan kata kerja  yang di –ing kan dan kemudian berubah menjadi kata benda. Meskipun fungsinya seperti kata benda, namun tingkahnya tetap saja seperti verb.

Apa Itu Gerund? Simak Penjelasan dan Contohnya
Gambar ilustrasi

Gerund sebenarnya berasal dari infinitive verb atau kata kerja transitive dan kemudian ditambahkan dengan suffix –ing. Fungsinya pun nantinya bisa menjadi sebuah kata keterangan. Kata yang dibentuk dari gerund merubakan kata verbal. Maksud dari kata verbal adalah suatu kata yang terbentuk dari kata kerja, namun memiliki fungsi sebagai part of speech lainnya.

Contoh gerund adalah : playing, walking, singin, building, swimming, praying, dan lain-lain

Contoh Penggunaan Gerund pada kalimat bahasa inggris

Reading is my hobby
Membaca adalah hoby saya
Gerund di sini memiliki fungsi sebagai subjek dari suatu kalimat

I hate travelling
saya benci perjalanan
Gerund di sini memiliki fungsi sebagai objek langsung

My sister’s favorite activity is dancing
aktifitas favorit saudari saya adalah menari
Gerund di sini memiliki fungsi sebagai subject complement

The director scolded the manager for removing some data
Direktur memarahi manajer untuk menghapus beberapa data
Gerund disini memiliki fungsi sebagai object dari preposisi

His hobby, climbing, takes a lot of time
Hobinya memanjat, membutuhkan banyak waktu
Gerund di sini memiliki fungsi sebagai appositive

Ternyata, gerund memiliki fungsi yang begitu banyak. Mungkin, Anda sudah pernah menggunakan gerund tanpa Anda sadari. Dengan tahu mengenai gerund, kini Anda sudah lebih paham tentang apa yang akan Anda katakan menggunakan gerund.

Sekian pembelajaran mengenai gerund dan nanti akan bertemu lagi di artikel selanjutnya dengan bahasan yang lebih seru dan lebih menarik pastinya. Terus tingkatkan kemampuan Bahasa Inggris Anda.
INFO PENULIS
Penulis
Ika Pratiwi
Facebook
https://fb.com/ikapra31
Publised at