Pemakaian Kata Hubung Not Only ... But Also beserta contohnya

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Pemakaian Kata Hubung Not Only ... But Also beserta contohnya".

Belajar bahasa inggris | Halloooo semua, bagaimana kabar Anda hari ini? Sudah jelas bukan belajar tentang elliptical sentence kemarin. Yapp, betul sekali. Elliptical sentence sebenarnya memiliki fungsi untuk menyederhanakan sebuah kalimat agar tidak terjadi pengulangan kata. Selanjutnya, Anda akan belajar mengenai ata sambung atau kata hubung not only......but also pada kesempatan kali ini.

Anda pasti sudah familiar dengan kata hubung yang ini. Bahkan, mungkin saja sudah sering menggunakannya bukan? Apakah fungsi dari kata sambung tersebut? Mari simak dan bahas lebih jauh dalam paragraf berikutnya!
Pemakaian Kata Hubung Not Only ... But Also beserta contohnya
Gambar ilsutrasi

Fungsi Kata Hubung Not Only … But Also

Fungsi dari not only … but also pada hakikatnya sama dengan fungsi kata hubung lainnya. Yang jelas, not only dan but also memang selalu digunakan bersamaan. Kata hubung ini digunakan untuk menghubungkan dua kalimat yang sama atau pararel.

Contoh penggunaan kata hubung not only dan but also:
1. Ali is not only smart, but also he is diligent
Ali tidak hanya cerdas, tetapi dia juga rajin

2. Fatimah is not only beautiful, but also she is genius
Fatimah tidak hanya cantik, tapi dia juga jenius

3. Muhammad has not only car, but also bus
Muhammad tidak hanya punya mobil, tapi dia juga punya bis

4. Hasan and Husain go not only in Makkah, but also they go to Madinah.
Hasan dan Husain tidak hanya pergi ke Mekah, tetapi mereka juga pergi ke Madinah

Penggunan not only serta but also memang untuk menggabungkan dua kalimat. Namun, dua kalimat yang digabungkan haruslah setara atau pararrel. Apabila salah satu kalimat menggunakan kata benda, maka kalimat lainnya juga harus menggunakan kata benda. Contoh nomor 1 dan 2 menggunakan kata sifat pada klausa pertama, maka pada klausa kedua juga menggunakan kata sifat.

Sedangkan pada contoh nomor 3, klausa pertama menggunakan kata benda. Maka pada kalimat berikutnya juga menggunakan kata benda. Kemudian, pada kalimat nomer 4 menggunakan nama tempat. Intinya, klausa pertama dan kedua yang dihubungkan harus sama-sama menggunakan kata yang setara atau pararel. Jelas bukan?

Sekian penjelasan mengenai not only … but also. Dengan memahami banyak contoh, Anda akan semakin mudah dalam mempelajarinya. Belajar bahasa Inggris itu menyenangkan. Jadi, tetap serius dan selalu semangat dalam belajar ya. Carilah materi baru selanjutnya di kelas ini.
INFO PENULIS
Penulis
Ika Pratiwi
Facebook
https://fb.com/ikapra31
Publised at