Perbedaan Although, In Spite of, Despite Dalam Kalimat

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Perbedaan Although, In Spite of, Despite Dalam Kalimat".

Belajar bahasa inggris | Bagaimana pelajaran mengenai conjunction pada artikel sebelumnya? Mudah dan menyenangkan bukan? Dengan mengerti dan paham tentang konjungsi, maka Anda bisa membuat kalimat dengan lebih bervariasi. Selanjutnya, mari belajar bahasa inggris tentang  perbedaan although, in spite of, despite.

Belajar Bahasa Inggris membuat kalian haru siap untuk berpetualang dalam belajar mengenai hal-hal yang baru. Hal baru kali ini adalah mempelajari tentang perbedaan although, inspite of, serta despite. Sebenarnya, kata tersebut sudahlah tidak asing di telinga Anda bukan? Namun, apakah arti sebenarnya.

gambar ilustrasi

Perbedaan Although, In Spite of, dan Despite Dalam Kalimat

Ingat, perbedaan although, in spite of, despite bisa lebih mudah dipelajari dengan melihat ragam contoh yang disediakan. Perbedaannya adalah jika although merupakan konjungsi atau kata sambung namun inspite of dan despite of merupakan kata depan.

Jika dirumuskan, penggunaannya bisa dipastikan dengan rumus sebagai berikut:

In spite of+ kata benda atau Noun
Despite+ kata benda atau Noun
Although + Klausa
Though + Klausa
Even Though + Klausa

Klausa merupakan anak kalimat yang telah memenuhi syarat kalimat dan bisa berdiri sendiri. Meski although dan though memiliki kedudukan yang sama dalam penggunaannya, namun though biasanya lebih sering digunakan dalam pembicaraan atau tulisan yang informal. Sedangkan though digunakan dalam kalimat yang lebih formal. Contoh:

Even though Budi had not studied, he passed the exam
Meskipun Budi tidak belajar, dia lulus ujian

Although Budi had studied very hard, he did not score well
Meski Budi telah belajar dengan keras, dia tidak mendapatkan nilai yang baik

Coba perhatikan kalimat di atas, berbeda bukan. Even though bisa digunakan dalam kondisi yang negatif berbuah hasil positif. Namun, althought memiliki penggunaan yang sebaliknya.

Selanjutnya, in spite of dan despite of memiliki perbedaan yang sangat kecil. Despite of hanya digunakan secara lebih formal dibandingkan dengan inspite of. Contoh:

They decided to get married in spite of the huge differences of their ages.
Mereka memutuskan untuk menikah, meski ada perbedaan besar usia mereka

Despite of the huge differences in their ages, they decided to get married.
Terlepas dari perbedaan besar usia mereka, mereka memutuskan untuk menikah

Mudah bukan? Jadi perbedaan although, in spite of, despite memang jelas. Although merupakan kata sambung, sedangkan despite dan in spite of merupakan kata depan.
INFO PENULIS
Penulis
Ika Pratiwi
Facebook
https://fb.com/ikapra31
Publised at